Puluhan Pegiat Wisata di Kulonprogo Gelar Touring

Bupati Kulonprogo, Sutedjo saat membuka touring wisata di Alun-alun Wates, Kulonprogo, Selasa (29/9/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
29 September 2020 11:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Puluhan pegiat wisata di Kabupaten Kulonprogo mengadakan touring bareng dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia. Menggunakan sepeda motor, mereka berkeliling ke sejumlah destinasi wisata yang ada di kabupaten ini.

Ketua Panitia Peringatan Hari Pariwisata se-dunia Kulonprogo, Sumantoyo mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya mempererat persaudaraan antar sesama pelaku wisata di Kulonprogo. Di samping itu juga sebagai langkah membangkitkan kembali kondisi pariwisata di Kulonprogo yang sempat terpuruk imbas pandemi Covid-19.

BACA JUGA : Ini Dia, 18 Destinasi Wisata di Kulonprogo yang Dapat 

"Melalui kegiatan ini kami ingin membangkitkan kembali pariwisata Kulonprogo," ucap Sumantoyo usai pelepasan peserta touring peringatan Hari Pariwisata se-Dunia di sisi selatan Alun-alun Wates, Kapanewon Wates, Kulonprogo, Selasa (29/9/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kulonprogo ini mengatakan dunia pariwisata di Kulonprogo sempat terseok-seok karena pandemi Covid-19. Banyak destinasi wisata yang memilih tutup sementara guna menghindari penularan virus tersebut. Ini juga menyebabkan hotel dan rumah makan sepi pengunjung.

Memasuki Agustus 2020, pariwisata perlahan bangkit kembali. Momen kebangkitan inilah yang menjadi alasan pihaknya menggelar touring wisata. Para peserta yang meliputi PHRI, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) diajak berkeliling ke sejumlah destinasi wisata di Kulonprogo dengan tujuan bisa mempromosikan wisata tersebut. Rutenya mulai dari Alun-alun Wates dan berakhir di objek wisata Dolan Deso Boro, Kapanewon Kalibawang.

BACA JUGA : Objek Wisata di Kulonprogo Belum Buka, Ini Alasannya

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan Pemkab sangat mendukung kegiatan ini karena memiliki tujuan yang jelas untuk pariwisata Kulonprogo. Diharapkan melalui kegiatan ini pelaku wisata bisa lebih kompak dan dapat bersama-sama membangkitkan kembali pariwisata yang sempat terpukul karena pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan ini bisa menguatkan spirit pelaku wisata di Kulonprogo untuk bisa membangkitkan kembali pariwisata," ucapnya.