Tambah Rute Singapura, YIA Kini Layani 2 Penerbangan Internasional

Maskapai Scoot saat mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA), Temon, Kulonprogo, Selasa (29/9/2020). - Istimewa
30 September 2020 17:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulonprogo melayani penerbangan rute Singapura setelah maskapai Scoot (Scoot Tigerair Pte Ltd.) beroperasi mulai Selasa (29/9/2020). YIA kini punya dua penerbangan internasional.

Dalam penerbangan perdana, maskapai low cost carrier yang berbasis di Singapura tersebut menggunakan pesawat jenis Airbus 320 (A320) dengan nomor TR 212. Pesawat itu tiba di YIA sesuai jadwal pukul 09.30 WIB. Kemudian bertolak ke Singapura (SIN) pukul 10.15 WIB nomor penerbangan TR 213.

BACA JUGA: Kisah SPG Terpaksa Jual Diri Setelah Dirumahkan Akibat Covid-19

PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan maskapai Scoot melayani rute SIN-YIA-SIN. Rute dari dan menuju Singapura dengan Scoot ini telah memiliki jadwal harian. "Namun pada masa pandemi ini masih akan menyesuaikan dengan permintaan penumpang," ujar Pandu.

Dengan adanya tambahan rute ini, YIA telah melayani dua penerbangan internasional setelah Air Asia rute Kuala Lumpur, Malaysia sudah terlebih dulu beroperasi.

Pandu menegaskan seluruh proses penerbangan internasional telah melalui protokol kesehatan dan proses imigrasi sesuai prosedur yang berlaku. Penumpang wajib melakukan tes PCR yang berlaku selama tujuh hari. Selain itu, dari pihak ground handling juga telah melakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan di dalam kabin setelah pesawat mendarat.

BACA JUGA: Sukmawati Soekarnoputri: PKI Tidak Menolak Pancasila

Pandu optimistis dengan adanya tambahan rute ini industri penerbangan akan kembali tumbuh, terutama karena penerbangan domestik telah jauh meningkat dibandingkan pada masa awal pandemi Covid-19.

"Masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk melakukan perjalanan udara karena baik pihak maskapai maupun bandara udara telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk menjamin keselamatan penumpang maupun petugas," ucapnya.

Airport Operation and Service Senior Manager PT Angkasa Pura (AP) 1, Nyoman Noer Rohim, menambahkan rata-rata jumlah penumpang penerbangan domestik di YIA berada di angka 3.000-4.000 orang per hari. Itu sudah meliputi kedatangan dan keberangkatan. Untuk kedatangan berada di kisaran 1.500 hingga 2.000. 

"Adapun selama September 2020, total penumpang kedatangan di YIA mencapai 23.940 dan keberangkatan 19.383 orang," ucapnya.