Hari Kesaktian Pancasila, Petugas TMP Kusumanegara Diberi Tali Asih

Pemberian tali asih kepada petugas TMP Kusumanegara pada Kamis (1/10/2020). - ist/pp.
01 Oktober 2020 14:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com. JOGJA—Pengurus Pemuda Pancasila (PP) DIY melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Jogja Kamis (1/10/2020). Dalam kesempatan itu para petugas TMP tersebut diberikan tali asih sebagai bentuk kepedulian.

Ketua MPW PP DIY Faried Jayen menjelaskan pihaknya memiliki kebiasaan rutin setiap Hari Kesaktian Pancasila yaitu melakukan ziarah di TMP. Namun dalam kesempatan kali ini sekaligus dilakukan pembagian tali asih kepada petugas TMP sebagai bentuk apresiasi karena selama 24 jam melakukan penjagaan terhadap pusara pahlawan.

BACA JUGA : Khidmat, Hening Cipta untuk Pahlawan di TMP Kusumanegara

“55 tahun memperingati Kesaktian Pancasila kami rutin memberikan penghormatan kepada para pahlawan untuk ziarah. Momentum hari ini sekaligus kami memberikan tali asih kepada petugas TMP Kusumanegara. Yang intinya kami berbagi bersama untuk paling tidak membantu walau sehari keluarga para petugas TMP, karena beliau-beliau ini yang menjaga 24 jam para pahlawan kita,” ungkapnya Kamis (1/10/2020).

Ia berharap menjaga pahlawan tidak sekedar dilakukan secara fisik pusaranya, namun juga menjaga dan selalu mengobarkan semangat para pahlawan yang selalu menjadi terdepan untuk kepentingan bangsa.

“Pesannya kami tetap konsisten untuk menjadi garda terdepan untuk melindungi Pancasila walaupun tugas itu tidak mudah karena harus mensosialisasikan ke masyarakat terutama milenial yang sudah terputus sejarah. Pesan kami momentum bersama supaya nilai sejarah kebangsaan tetap solid,” katanya.

Dalam kesempatan itu pihaknya secara simbolis menaburkan seribu bunga sebagai bentuk komitmen sebagai generasi untuk meneruskan perjuangan pahlawan dalam menjaga Pancasila.

BACA JUGA : MAKAM PEJUANG : Hanya Keluarga yang Masih Peduli

“Sekarang menjadi tugas kita selaku generasi penerus untuk menjaga apa yang pernah beliau pahlawan ini pertahankan termasuk Pancasila. Karena saya berada di wilayah DIY tentunya saya juga ikut menjaga keistimewaan yang sudah disepakati bersama, keistimewaan ini juga amanah yang harus dipertahankan,” ujarnya.