Meski Tak Mudah, Wisatawan di Bantul Diminta Sabar Tetap Pakai Masker

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
08 Oktober 2020 12:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Pariwisata Bantul mengajak kepada semua wisatawan dan pengelola objek wisata untuk sama-sama menjalankan protokol kesehatan dari Coronavirus Disease atau Covid-19 untuk meminimalisir penularan Covid-19 dari sektor wisata.

Minimal dengan menjalankan 3M, yakni mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak satu sama lain minimal satu meter. “Protokol kesehatan ini demi keselamatan diri dan orang lain,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah, di kantornya, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: COVID-19 DI DIY: Meluasnya Penularan dan Harga yang Harus Dibayar

“Memang tidak mudah, tapi bersabarlah semoga virus Corona ini cepat hilang dan kembali normal seperti biasa,” ucap Annihayah.

Pihaknya juga selalu memantau semua objek wisata di Bantul dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 ini, meski masih ditemukan satu-dua objek wisata yang belum sepenuhnya menjalankan protokol kesehatan.

Dinas Pariwisata berupaya membantu memfasilitasi sarana dan prasarana protokol kesehatan seperti pengadaan tempat cuci tangan yang sudah didistribusikan ke sejumlah objek wisata sebanyak 27 unit, termasuk ke desa wisata.

Dalam anggaran perubahan 2020 ini Dinas Parwisata juga mendapat tambahan anggaran untuk perbaikan sarana dan prasarana penunjang wisata dan pelatihan sumber daya pengelola wisata, dan materi edukasi pencegahan Covid-19.

Baca juga: KPU DIY Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Sejauh ini diakuinya belum ada penularan virus SARS CoV-2 dari objek wisata dan diharapkan jangan sampai ada. “Penguatan protokol kesehatan perlu terus dilakukan,” kata dia.

Tidak hanya Dinas Pariwisata, namun pendisiplinan protokol kesehatan ini juga melibatkan banyak organisasi perangkat daerah seperti Dinas Lingkungan Hiudp (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), polisi dan TNI. Bahkan sudah membentuk posko khusus yang dipusatkan di Pantai Parangtritis.