Advertisement

Covid-19 di Kulonprogo Mengalami Tren Peningkatan Kasus Harian

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 12 Oktober 2020 - 08:17 WIB
Sunartono
Covid-19 di Kulonprogo Mengalami Tren Peningkatan Kasus Harian Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo menyatakan jumlah penderita Covis-19 secara umum mengalami penurunan namun untuk kasus harian terjadi tren peningkatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan jika dilihat secara total, jumlah penderita Covid-19 mengalami penurunan. Dari total 199 orang yang terkonfirmasi positif, 135 di antaranya dinyatakan sembuh, 59 masih dalam perawatan dan lima meninggal dunia. Namun demikian, untuk perkembangan kasus harian, ia menyebut ada peningkatan meski tidak terlalu signifikan.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Data Ketersediaan Ruang Isolasi Pasien Corona di Bantul 

Dijelaskan, pada awal pandemi, penambahan kasus Covid-19 di Kulonprogo setiap harinya paling banyak tiga orang. Akan tetapi memasuki September, terjadi peningkatan jumlah kasus baru menjadi sekitar 10 orang per hari.

Lonjakan kasus harian itu kata Baning tak lepas dari kemunculan klaster di Kulonprogo, salah satunya adalah klaster Arisan di Dusun Tlogolelo, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap. "Pada September memang sangat tinggi karena ada klaster, jadi kesimpulannya Kulonprogo mengalami kenaikan kasus, tapi secara umum jumlah penderitanya turun karena sembuh," jelasnya Minggu (11/10/2020).  

BACA JUGA : Pasien Membeludak, Kapasitas Ruang Isolasi di Rumah Sakit

Dikatakan Baning, untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19 di Kulonprogo, upaya yang perlu dilakukan masyarakat adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, meliputi pemakaian masker, jaga jarak, hindari kerumunan serta rajin mencuci tangan dengan air mengalir. Hanya langkah itulah yang saat ini paling ampuh menangkal penularan Covid-19 sampai nanti vaksin virus tersebut turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement