Advertisement

Baru 29.049 UMKM di Bantul yang Disetujui Dapat BLT

Ujang Hasanudin
Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:27 WIB
Nina Atmasari
Baru 29.049 UMKM di Bantul yang Disetujui Dapat BLT Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Dari total 52.000 Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Presiden Untuk Usaha Mikro (BPUM), baru 29.049 UMKM yang sudah dipastikan mendapat bantuan tersebut.

“Yang sudah mendapat SK dari kementerian [calon penerima bantuan] 29.049 UMKM, yang lainnya masih dalam proses,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian (KUKMP) Bantul, Agus Sulistiyana, saat dihubungi Kamis (22/10/2020).

Advertisement

Baca juga: Puncak WJNC 2020 Suguhkan Lakon Babat Alas Mertani

Agus mengatakan 20.049 UMKM dipastikan mendapat bantuan dan tinggal mencairkan melalui Bank BRI. Dari jumlah tersebut beberapa masih ada yang belum bisa mencairkan karena masih ada yang perlu di lengkapi datanya, seperti tidak mencantumkan nomor telepon, atau alamatnya kurang lengkap.

Menurut dia, proses pencairan dana BPUM langsung dicairkan sendiri oleh UKM yang bersangkutan melalui bank, sehingga Dinas KUKM tidak terlibat dalam pencairan. Lebih lanjut dikatakan Agus, ada kemungkinan calon penerima BUPM bertambah karena berdasarkan informasi yang dia peroleh target 12 juta sasaran BPUM belum terpenuhi.

Baca juga: Mulai Besok, 6 Bandara AP I Termasuk YIA Hapus Passenger Service Charge

Akhir bulan ini Dinas KUKM akan kembali mengusulkan calon penerima bantuan tersebut ke Kementerian Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah, “Bagi UMKM yang belum mendaftarkan bisa daftar lewat dinas,” ujar Agus.

Sebagaimana diketahui BPUM ini dalam rangka membantu UMKM yang terdampak Coronavirus Disease atau Covid-19. Nilai bantuan Rp2,4 juta diberikan secara tunai dan hanya satu kali. Syarat calon penerima bantuan di antaranya memiliki usaha dan sudah berizin atau memiliki izin usaha mikro kecil (IUMK) serta memiliki rekening yang nilainya dibawah Rp2 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement