Terminal Dhaksinarga Wonosari Bakal Disulap Jadi Mal Pelayanan Publik

Suasana di Terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari, Selasa (31/3/2020). - Harian Jogja/Dok.
22 Oktober 2020 15:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul bakal memanfaatkan area lantai kedua Terminal Dhaksinarga di Kalurahan Selang, Wonosari, sebagai mal pelayanan publik agar terminal yang selama ini sepi menjadi ramai.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Gunungkidul, Irawan Jatmiko, mengatakan jawatannya sudah membuat perencanaan membangun mal pelayanan publik di Terminal Dhaksinarga. Ide ini sudah disampaikan kepada terminal dan ada lampu hijau untuk memanfaatkan area di lantai dua sebagai lokasi pelayanan. “Sudah kami rencanakan dan harapannya di akhir Desember sudah mulai bisa beroperasi,” kata Irawan kepada wartawan, Kamis (22/10/2020).

BACA JUGA: Dua Hotel di Malioboro Senilai Ratusan Miliar Dibeli Pemda DIY, untuk Apa?

Dia menjelaskan, sebelum layanan ini beroperasi, Terminal Dhaksinarga akan direnovasi dengan pemasangan partisi kaca, instalasi AC, backdrop, dan lain sebagainya agar pelayanan bisa berlangsung dengan aman dan nyaman. “Mudah-mudahan selesai November sehingga Desember bisa digunakan pelayanan,” ungkapnya.

Menurut Irawan, keberadaan mal pelayanaan publik bisa membantu masyarakat mengakses berbagai pelayanan. Namun, pada tahap awal, instansi yang akan membuka layanan batu  DPMPT, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). dan Dinas Sosial Gunungkidul.

“Nantinya akan dilakukan penambahan secara bertahap. Sebab rencananya, BUMN, BUMD. termasuk instansi vertikal nanti juga akan membuka layanan di sana,” kata mantan Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan ini.

BACA JUGA: Sudah 12 Warga Gunungkidul Meninggal Dunia karena Corona

Irawan menambahkan, pendirian mal pelayanan publik di terminal merupakan bentuk sinergitas antara pemkab dengan kementerian perhubungan. “Harapanya juga bisa menumbuhkan aktivitas ekonomi di terminal serta berpartisipasi dalam pengembangan wilayah perkotaan,” katanya.

Koordinator Satuan Pelayanan, Terminal Dhasinarga, Edi Susanto, menyambut baik rencana pembangunan mal pelayanan publik di area terminal. Menurut dia, keberadaan layanan ini akan saling menguntungkan karena bisa membantu dalam meningkatkan aktivitas di area terminal. “Selama ini masih sepi dan harapannya dengan layanan tersebut terminal bisa ramai dan aktivitas angkutan bisa bergeliat,” katanya.

Edi mengungkapkan selama di lantai kedua terminal jarang digunakan untuk beraktivitas.