Lari Terbirit-birit, Maling Ponsel di Sleman Terjatuh di Tengah Warga Hajatan

Ilustrasi. - Freepik
23 Oktober 2020 19:07 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Warga Dusun Pundong 4, Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, Sleman ramai-ramai menangkap seorang pria yang kedapatan mencuri ponsel dari seorang pedagang pakaian di Jalan Kebon Agung, Kalurahan Sumberadi, Mlati pada Kamis (22/10/2020) pagi. Saat ini perkara tersebut telah ditangani pihak kepolisian.

Arif Iksa Nur Fitri, 31, salah seorang warga yang menyaksikan penangkapan tersebut menuturkan pria yang kemudian diketahui berasal dari Klaten, Jawa Tengah tersebut kabur dari lokasi pencurian di sebuah toko baju sejauh dua kilometer hingga masuk ke dusunnya di Dusun Pundong 4. Usai mencuri, terduga maling itu kabur dengan motornya lantaran ketahuan teman korban.

"Dia akhirnya tertangkap saat dikejar dua teman korban. Motornya dipepet sampai menabrak pohon. Warga yang mendengar keributan langsung keluar dan bantu menangkap malingnya," kata Arif ketika dihubungi wartawan, Jumat (23/10/2020).

Oleh warga, terduga pelaku langsung diamankan dari amukan warga. Ketika ditanyai soal dugaan pencurian ponsel dari salah satu toko baju di Mlati, ia mengaku iseng. Ia mulanya melihat-lihat pakaian di toko baju tersebut. Kemudian ketika melihat ponsel pemilik toko tergeletak, ia tergerak untuk mengambilnya.

Kepada warga, ia juga mengaku tak punya niat memiliki. “Dia menjawab alasannya karena iseng saja. Enggak ingin memiliki atau kepepet kondisi ekonomi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, terduga pelaku itu juga mengaku pernah mencuri laptop dan ponsel di tempat lain. Warga kemudian melaporkan peristiwa itu ke Mapolsek Mlati.

Kepada wartawan, Arif menuturkan pelarian terduga maling itu cukup berliku. Sebab, ia sempat terjatuh di dekat lokasi hajatan warga, namun diloloskan lantaran warga tak mengetahui bahwa dia sedang melarikan diri. "Pelakunya sempat jatuh di dekat hajatan warga, tetapi warga di situ enggak tahu kalau dia maling. Tahunya orang jatuh terus ditolong dan dipersilakan jalan lagi," ujar Arif.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Mlati Iptu Dwi Noor Cahyanto membenarkan adanya penangkapan terduga maling di Mlati. Saat ini, terduga pelaku masih dalam proses pemeriksaan kepolisian.

“Betul ada kejadian tersebut. Terduga pelaku yang diduga mengambil ponsel masih kami periksa," ujarnya.