Mobil Tes Swab Milik Pemkab Bantul Datang Rabu, Bisa Layani 126 Orang per Hari

Ilustrasi. - Freepik
26 Oktober 2020 17:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Mobil layanan tes polymerase chain reaction (PCR) yang dibeli Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul senilai Rp4,6 miliar menggunakan APBD Perubahan 2020 tiba di Bantul, Rabu (28/10/2020).

“Besok dikirim dari Bekasi. Sampai Bantul, Rabu (28/10/2020),” kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja, di Gedung DPRD Bantul, Senin (26/10/2020).

BACA JUGA: 5 Mahasiswa UPN Jogja Kembangkan Aplikasi Ojol Cegah Kekerasan Seksual

Agus mengatakan mobil PCR Toyota Hiace tersebut akan melayani tes untuk 126 orang per hari  Mobil tersebut dilengkapi dua alat pemeriksaan.

Mobil tersebut juga memiliki teknologi termutakhir yang bisa langsung mengoneksikan data dari pasien dengan nomor induk kependudukan dan nomor handphone pasien yang diuji.

“Sehingga bisa langsung melakukan tracing untuk melihat riwayat ke mana yang bersangkutan. Agar tidak mengganggu privasi, tentu tracing-nya berupa zonasi,” kata dia.

BACA JUGA: BPPTKG: Erupsi Merapi Semakin Dekat, Ikuti Alur Erupsi 2006

Agus juga mengungkapkan mobil PCR y tersebut juga memiliki garansi satu tahun dan mendapatkan 1.000 reagen untuk mendukung pemeriksaan. Dinas Kesehatan Bantul telah menyiapkan sebanyak 5.000 reagen untuk menopang kinerja dari mobil PCR tersebut.

“Petugas yang kami siapkan ada empat. Satu dokter, satu sopir, dan dua petugas pembantu. Keempat orang ini akan langsung menjalani pelatihan daring besok dan akan kami maksimalkan untuk melakukan pengetesan,” kata Agus.

Sementara, Plt Asisten Sekretaris Daerah (Asek) I Pemkab Bantul Hermawan Setiaji mengatakan mobil PCR ini diharapkan mempercepat analisis sampel untuk mengetahui penyebaran Covid-19. “Karena mobil PCR ini akan langsung mendatangi lokasi untuk uji swab,” kata Hermawan.