660 Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Diwisuda Secara Daring

Wisuda daring UPN Veteran Jogja. - Ist.
26 Oktober 2020 06:17 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Guna menjaga keamanan dan meminimalisir penularan Covid-19, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) menggelar wisuda program Diploma, Sarjana dan Magister TA.2020/2021 secara darimg. Total ada 660 mahasiswa yang mengikuti wisuda tersebut.

Pada kegiatan yang digelar Sabtu (24/10) itu, 15 mahasiswa berprestasi menjadi perwakilan wisuda secara langsung di Gedung Auditorium UPNVY. Kemudian sisanya mengikuti prosesi kelulusan dari rumah masing-masing.

Rektor UPNVY Dr. Mohammad Irhas Effendi MSi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Dia mengatakan bahwa apa yang telah diraih para wisudawan saat ini merupakan salah satu kebanggaan bagi pihak kampus dan keluarga wisudawan.

Irhas menambahkan, apa yang telah dicapai oleh para wisudawan saat ini merupakan tentu merupakan sebuah perjuangan besar. Dimana para wisudawan dalam proses menyelesaikan studinya pasti menghadapi tantangan dan rintangan, namun mereka tetap terus berusaha. Ibaratnya para wisudawan adalah ulat yang bermetamorfosa menjadi kupu-kupu.

Rektor juga menyampaikan bahwa apapun yang telah didapat selama pembelajaran di kampus bisa bermanfaat bagi wisudawan ketika memasuki dunia kerja. Ia pun mengingatkan meski sudah tidak lagi aktif di universitas, para mahasiswa yang lulus juga diminta agar terus aktif berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

"Selamat bagi saudara-saudara yang telah menyelesaikan studi dengan baik di universitas ini, di kampus yang menjadi tempat menimba pengalaman di bidang akademik maupun non akademik. Semoga ilmu yang sudah didapat bisa bermanfaat," ujar Rektor disela sambutannya.

Kepada wisudawan, Irhas juga berpesan agar setelah lulus para mahasiswa yang sudah dinyatakan selesai studinya bisa berjuang menggapai kesuksesan dengan membawa nama baik kampus dan keluarga. Dia mengatakan bahwa untuk suskes memang bukanlah hal yang mudah namun juga tidak sesulit yang dibayangkan.

"Selama ada tekad dan hati yang suci pasti akan ada jalan dari setiap permasalahan," tegas Rektor.

Disela kegiatan wisuda, Rektor juga menyampaikan perkembangan UPNVY selama pandemi Covid-19. Pada bidang akademik, pihaknya kini terus meningkatkan kualitas pembelajaran daring antara dosen dengan mahasiswa. Hal ini agar proses perkuliahan tetap berjalan lancar meski tidak bisa langsung bertatap muka karena situasi pandemi.

Selain itu, Rektor juga menyatakan bahwa pada tahun ajaran baru ini jumlah pendaftar di UPNVY mencapai sebanyak 45.627 pendaftar. Dari jumlah tersebut, 715 orang dinyatakan lolos melalui jalur SNMPTN dan 1.833 lolos melalui SBMPTN. Kemudian, 1.232 orang diterima melalui jalur Seleksi Mandiri.

"Dilihat dari jumlah pendaftar dan yang diterima, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendaftar yang menjadi mahasiswa UPNVY bisa dibilang terus meningkat,” terang Irhas.