Banyak Wisatawan di Pantai Bantul Copot Masker, Bilang Anginnya Kenceng!

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
31 Oktober 2020 03:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Meski telah ada papan pengumuman berisi imbauan untuk menerapkan 3 M, serta dipasang belasan wastafel, wisatawan di Pantai Depok dan Pantai Cemara Sewu masih banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya yang dilakukan oleh Neira, 25, wisatawan asal Malang. Ia memilih untuk mencopot masker dan tidak mencuci tangan saat berkunjung di Pantai Cemara Sewu.

“Masker ada di tas. Tujuan saya kesini memang ingin di pantai. Anginnya kenceng, sayang kalo pakai masker,” katanya.

Baca juga: 10 Bangunan di Pantai Depok Rusak Diterjang Abrasi, Warga Tetap Jualan

Hal hampir sama juga dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Depok. Cukup banyak wisatawan yang mengenakan masker asal-asalan. Bahkan, beberapa nekat berada di bibir pantai meski gelombang ombak cukup tinggi.

“Pengap. Lagian main di pinggir pantai kok pakai masker,” kata Luki, wisatawan asal Wonosobo.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Annihayah mengatakan, edukasi penerapan 3 M sejatinya telah dilakukan jawatannya bersama dengan TNI dan Polres Bantul serta organisasi perangkat daerah di posko terpadu.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan, Pelabuhan Tanjung Priok Diapresisasi Menhub

“Memang mereka banyak yang mencopot masker kalo pas renang, ini sudah kami ingatkan. Kami juga sudah ingatkan sekalian bahaya mandi di laut,” katanya.

Annihayah juga memprediksi jumlah pengunjung di sejumalh objek wisata di Bantul akan terus terjadi hingga liburan cuti bersama berakhir. Berdasarkan data yang ada di Dinas Pariwisata, hingga Kamis (29/10/2020) malam, ada 14.900 wisatawan datang ke Pantai Parangtritis.

“Sedangkan untuk Pantai Samas ada 1.500 orang, Pantai Gua Cemara 100 orang, Pantai Baru 550 orang, dan Kwaru 60 orang. Sedangkan Gua Selarong ada 200 orang,” ucapnya.