Pandemi, Pemilihan Ketua RW di Wates Gunakan Sistem dari Pintu ke Pintu

Ilustrasi. - Freepik
31 Oktober 2020 05:37 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Alih-alih membuat kerumunan massa, pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan pemilihan ketua rukun warga (RW) di Padukuhan Beji, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kulonprogo dilakukan secara door to door (pintu ke pintu) demi menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 02 Dusun Beji, Heru Basuki menuturkan pemilihan ketua RW dilakukan dengan cara mengantarkan surat suara ke masing-masing kepala keluarga sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. Hal ini dilakukan supaya proses pemilihan tidak perlu membuat kerumunan warga yang berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19.

Menurutnya, sistem ini telah menjadi kesepakatan warga. Setiap satu kepala keluarga hanya berhak satu suara. Adanya pandemi Covid-19 membuat warga RW 02 Beji menaati anjuran pemerintah untuk memperbanyak aktivitas dari rumah. Sehingga, pelaksanaan pemilihan ketua RW juga dilakukan dari rumah.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan, Pelabuhan Tanjung Priok Diapresisasi Menhub

"Untuk melawan Covid-19, sistem pemilihan ini yang bekerja cukup panitia, sementara pemilih cukup di rumah saja. Ini salah satu upaya memerangi adanya Covid-19," kata Heru, pada Jumat (30/10/2020).

Pada hari Jumat, panitia berkeliling dari rumah ke rumah untuk membagikan surat suara. Ada empat rukun tetangga di RW 02 Dusun Beji dengan 244 pemilih. Kemudian, pada hari selanjutnya yaitu Sabtu (31/10) panitia akan kembali berkeliling untuk mengambil surat suara yang sudah berisi pilihan kemudian dilanjutkan penghitungan suara.

Baca juga: 10 Bangunan di Pantai Depok Rusak Diterjang Abrasi, Warga Tetap Jualan

Salah seorang warga setempat, Dewantoro Putro membenarkan pihaknya hari ini telah menerima surat suara untuk pemilihan ketua RW 02 Dusun Beji. Dalam pemilihan kali ini, yang bersaing menjadi Ketua RW 02 ada dua calon, yakni Puji Hartono dan Kastono.

"Betul hari ini kami warga di wilayah RW 02 sudah menerima surat suara untuk memilih ketua RW yang dibagikan oleh Panitia Pemilihan Ketua RW. Kemudian besok Sabtu akan dihitung," kata Dewantoro.