Advertisement

Merapi Siaga, 30 Dusun Ada di Daerah Bahaya, Ini Daftarnya

Budi Cahyana
Kamis, 05 November 2020 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Merapi Siaga, 30 Dusun Ada di Daerah Bahaya, Ini Daftarnya Gunung Merapi pada Selasa (3/3/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harian Jogja, SLEMAN—Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kevencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Merapi dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III). Sedikitnya 30 dusun di DIY dan Jawa Tengah berada dalam daerah bahaya.

Di Sleman, daerah bahaya diperkirakan meliputi Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo; Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo; dan Dusun Pelemsari, Desa Umbulharjo. Semuanya di Kecamatan Cangkringan.

Advertisement

BACA JUGA: Ini Penjelasan tentang Resesi & Faktor Penyebabnya

Di Magelang, daerah bahaya mencakup Dusun Batu Ngisor, Gemer, Ngandong, dan Karanganyar di Desa Ngargomulyo; Dusun Trayen, Pugeran, Trono, di Desa Krinjing; serta Dusun Babadan 1 dan Babadan 2 di Desa Paten. Sembilan dusun itu berada di Kecamatan Dukun.

Sementara, di Klaten, 18 dusun berada di daerah bahaya, yakni: Stabelan, Tekaran, Belang, di Desa Tlogolele (Kecamatan Selo); Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Duwur, di Desa Klakah (Kecamatan Selo); Jarak dan Sepi di Desa Jrakah (Kecamatan Selo); Pajekan, Canguk, Sumur, di Desa Tegal Mulyo (Kecamatan Kemalang); Petung, Kembangan, Deles, di Desa Sidorejo (Kecamatan Kemalang); dan Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang, di Desa Balerante (Kecamatan Kemalang)

BACA JUGA: Kota-Kota di Amerika Serikat Bersiap Hadapi Kerusuhan Seusai Pilpres

Status Merapi naik menjadi Siaga karena sejak Oktober 2020, kegempaan meningkat semakin intensif. Bahkan, Rabu (4/11/2020) kemarin, rata-rata gempa vulkanik dangkal mencapai 29 kali per hari, dengan gempa multiphase (MP) 272 kali per hari, guguran 57 kali per hari ,dan embusan 64 kali per hari.

“Kondisi tersebut sudah melampaui kondisi menjelang munculnya kubah lava pada 26 April 2006, tetapi masih lebih rendah dibandingkan kondisi sebelum erupsi 2010”  kata Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, melalui keterangan tertulis.

BPPTKG menaikkan level Merapi menjadi Siaga mulai Kamis ini pukul 12.00 dan meminta penambangan di kawasan rawan benvana (KRB) III dihentikan. Pelaku wisata juga diminta tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement