1.000 Masker Dibagikan di Candi Prambanan

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
08 November 2020 22:07 WIB Rivki Maulana Sleman Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabupaten Sleman, membagikan 1.000 masker kain gratis kepada pengunjung di objek wisata Candi Prambanan

Koordinator Satgas Covid-19 BUMN Kabupaten Sleman Usmansyah mengatakan pembagian masker di Candi Prambanan merupakan rangkaian dari pemberian 5.000 masker kain yang dilakukan oleh satgas.

Dia  mengatakan pembagian masker untuk pengunjung Candi Prambanan juga dimaksudkan untuk membantu upaya pemulihan kunjungan wisata ke candi tersebut. Candi Prambanan merupakan ikon pariwisata DIY dan Kabupaten Sleman.

"Setelah sempat beberapa waktu tutup akibat pandemi, sekarang Candi Prambanan sudah dibuka kembali dengan protokol kesehatan. Ini juga sebagai kampanye untuk selalu disiplin protokol kesehatan," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Minggu (8/11/2020).

Pembagian masker kepada pengunjung Candi Prambanan diharapkan membantu proses adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain menggunakan masker, protokol kesehatan juga mencakup menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Masker kain yang dibagikan merupakan masker berbahan kain tiga lapis yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan. Selain mampu menangkal cairan (cipratan) pada masker ini terdapat filter penahan partikel. Ada juga lapisan kain katun yang nyaman digunakan untuk kulit.

Masker ini juga dapat dicuci dan dapat digunakan kembali oleh pemiliknya. Saat ini banyak masker yang digunakan masyarakat yang tidak sesuai rekomendasi Satgas seperti masker scuba atau masker kain satu lapis.

"Kami juga ingin mengedukasi masyarakat bagaimana menggunakan masker yang aman, baik dan benar," katanya.

Sumber : Antara