Kulonprogo Buka Galeri UMKM di Restoran

Bupati Kulonprogo, Sutedjo (kanan) saat menyerahkan sepotong tumpeng kepada Pemilik Restoran Pondok Lestari, Ari Dwi Lestari sebagai tanda dibukanya Galeri Lestari di Restoran dan Cafe Pondok Lestari, Kulonprogo, Senin (9/11 - 2020). (Jalu Rahman Dewantara)
10 November 2020 07:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Upaya pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kulonprogo terus dilakukan oleh pemerintah setempat. Terbaru, pemkab melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggandeng pihak swasta, membuat galeri yang khusus menjajakan produk lokal Bumi Menoreh untuk bisa dipasarkan di kancah nasional.

Galeri itu bernama Galeri Lestari yang berlokasi di Restoran dan Cafe Pondok Lestari, Jl Tentara Pelajar No. 44, Area Sawah, Wates, Kulonprogo. Di tempat ini tersedia puluhan produk-produk lokal mulai dari aneka kuliner, batik dan kerajinan tangan. Semua produk itu bikinan pelaku UMKM yang berada di bawah bimbingan Diskop UMKM Kulonprogo.

"Kami sudah bekerjasama dengan Restoran Pondok Lestari untuk membuat gerai yang khusus menyediakan produk-produk UMKM Kulonprogo. Ketika orang datang ke sini selain untuk makan, bisa sekaligus melihat langsung produk-produk UMKM asli Kulonprogo dan diharapkan pengunjung yang awalnya hanya lihat-lihat dapat membeli produk tersebut," kata Kepala Diskop UMKM Kulonprogo, Sri Harmintarti, di sela-sela pembukaan Galeri Lestari di Restoran Pondok Lestari, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Wisatawan di Gua Cemara Dapat Masker Gratis

Sri mengatakan pemilihan restoran yang juga menjajakan batik khas Kulonprogo itu bukan tanpa alasan. Dijelaskan manajemen restoran ini selain menjadi tempat promosi juga sekaligus memasarkan produk UMKM itu secara online. Dengan demikian, pangsa pasar produk UMKM tersebut bisa lebih luas.

"Di sini juga melayani pembelian online, sehingga pangsa pasarnya bisa lebih besar," ujar Sri.

Namun demikian, tidak semua produk UMKM bisa masuk di tempat ini. Sri menuturkan ada sejumlah syarat bagi pelaku UMKM yang ingin memasarkan produknya di sana, di antaranya memiliki kemasan yang baik serta bagi produk kuliner sudah mengantongi setidaknya sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). Jika sudah memenuhi syarat-syarat dasar itu, produk kemudian dikurasi oleh tim khusus bentukan Diskop UMKM.

Baca juga: KABAR WISATA: Sensasi Berkeliling dengan Rakit di Air Terjun Sri Gethuk

Pemilik Restoran Pondok Lestari, Ari Dwi Lestari, mengatakan dibukanya galeri UMKM ini bisa menjadi wadah yang menampung UMKM di Kulonprogo, terutama UMKM yang belum mempunyai galeri sendiri. Pihaknya juga mengakomodir UMKM yang sudah memiliki galeri untuk dibantu dalam hal pemasaran agar lebih dikenal di pasar nasional.

"Harapan kami adalah bagaimana membawa produk-produk di Kulonprogo ini bisa diterima secara nasional dan menarik investor lain agar bisa menanamkan modalnya di Kulonprogo untuk perkembangan Kulonprogo ke depannya," kata Ari.

Ari mengatakan untuk UMKM yang berkategori mikro dan kecil, pihaknya telah bekerjasama dengan Diskop UMKM untuk merangkul semua usaha tersebut. Pihaknya berkomitmen membantu UMKM ini baik dari sisi pemasarann maupum permodalan tanpa bunga.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo yang hadir meresmikan galeri lestari mengapresiasi kehadiran galeri ini karena dirasa bisa membantu pengembangan produk UMKM di Kulonprogo.

"Di Kulonprogo ini banyak UMKM yang sudah menciptakan berbagai macam produk, tapi belum semuanya mempunyai galeri sendiri nah galeri ini siap mengakomodir produk-produk UMKM yang belum punya galeri itu," kata dia.