SMA Negeri 1 Temon Kulonprogo Berkomitmen Memenuhi dan Melindungi Hak Anak

Deklarasi sekolah ramah anak. - Ist
14 November 2020 09:37 WIB Media Digital Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pengajar menjadi pembimbing. Orang tua dan sahabat anak. Hal tersebut di sampaikan Ibu Erlina selaku Kepala DP3AP2 DIY dalam deklarasi SMA Negeri 1 Temon Kulonprogo sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA).

SRA merupakan upaya pemenuhan Hak Anak melalui sekolah. Hal ini perlu dilakukan karena delapan jam dalam sehari, waktu anak di habiskan di sekolah. Anak juga mempunyai hak partisipasi, sehingga pelibatan siswa dalam pengambilan kebijakan menjadi mutlak adanya.

SRA juga harus mampu mengembangkan toleransi, non diskriminasi, inklusi. dan lain-lain. SRA merupakan dari kelurahan layak anak, yang nantinya akan menjadi dukungan pencapaian kabupaten layak anak dan mewujudkan provinsi layak anak.

Rudi selaku Kepala Balai Pendidikan Kabupaten Kulonprogo, menyampaikan bahwa SRA merupakan upaya penyiapan generasi emas Indonesia. Sekolah Ramah Anak menjadikan Anak Ramah Sekolah saling akrab.

"SMA N 1 Temon yang terdiri guru, tenaga kependidikan, siswa polsek, koramil, dan kelurahan mendeklarasikan dirinya sebagai sekolah ramah yang mempunyai komitmen memenuhi dan melindungi hak anak, memastikan setiap anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan harkat dan martabatnya, memastikan setiap anak bebas dari segala bentuk kekerasan," katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (14/11/2020). 

Acara deklarasi SRA ditutup dengan penempelan Qr code di pepohonan lingkungan sekolah. Qr code mampu menampilkan bio dari pepohonan tersebut. (ADV)