8 Orang di Mancingan Parangtritis Positif Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
15 November 2020 11:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak delapan orang di Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kretek, Bantul dinyatakan positif Covid-19.

Meski dinyatakan positif dan tengah dirawat, namun Pemerintah Desa setempat memastikan, jika warganya tidak melakukan kontak dengan wisatawan di daerah tersebut.

“Jadi mereka tidak pernah melakukan kontak dengan wisatawan. Karena yang terinfeksi tersebut, adalah petani dan ibu rumah tangga,” kata Kepala Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Andri Sarwoko, Minggu (15/11/2020).

Menurut Andri, dari delapan orang yang terpapar Covid-19, dua di antaranya bukanlah warganya alias pendatang. Sedangkan, sisanya enam orang lainnya adalah merupakan warga di Dusun Mancingan.

Baca juga: Satgas Covid-19: Sangat Mungkin Desember Bisa Libur Panjang

Lebih lanjut Andri mengungkapkan, awal mula terungkapnya warga positif Covid-19 dari pemeriksaan kadar gula yang dilakukan oleh salah satu warganya di RS Santa Elisabeth Ganjuran. Dari pemeriksaan tersebut, justru didapatkan jika yang bersangkutan positif Covid-19.

Atas temuan tersebut, tracing kontak langsung dilakukan oleh petugas dan diperoleh 10 warga yang diduga melakukan kontak erat. Kesepuluh warga tersebut pun langsung di uji swab. Hasilnya, empat dinyatakan positif Covid-19.

“Keempatnya langsung dirawat di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di Bambanglipuro. Mereka Orang Tanpa Gejala,” lanjutnya.

Selain temuan dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di RS Santa Elisabeth, Andri menuturkan, satu warga lainnya dinyatakan positif Covid-19, saat melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Setelah ditracing, ada empat yang kontak erat dan dilakukan uji swab.

“Sampai saat ini ada enam warga kami positif. Di tambah dua lainnya yang merupakan pendatang,” terangnya.

Baca juga: Di Malaysia, Sudah 502 Orang Ditahan karena Melanggar Pembatasan Sosial

Menurut Andri, dengan adanya temuan warga terinfeksi Covid-19, membuat pihaknya bergerak cepat. Satgas Covid-19 bersama dengan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) langsung melakukan disinfeksi terhadap rumah dan lingkungan warga yang terconfirmasi Covid-19.

“Sudah kami semprot. Kami juga telah menyiapkan logistik untuk kebutuhan warga yang melakukan isolasi,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Annihayah mengaku belum mengetahui terkait laporan adanya delapan orang di Dusun Mancingan yang positif Covid-19. Kendati demikian, koordinasi akan dilakukan oleh dinas mengingat, Dusun Mancingan letaknya berada di objek wisata Pantai Parangtritis.

“Kami berharap pelaku wisata bisa benar-benar mengetatkan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan Covid-19,” ucapnya.