KPU Bantul Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Protokol Kesehatan

Ilustrasi. - Freepik
16 November 2020 06:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul memastikan menggelar simulasi pemungutan suara jelang Pilkada 9 Desember mendatang.

Ketua Divisi Teknis KPU Bantul, Joko Santosa mengatakan, simulasi pemungutan suara digelar di Dusun Pasutan, Trirenggo, Bantul, Sabtu (21/11/2020) mendatang. Pada simulasi tersebut, akan ada simulasi dari sejak petugas membuka pemungutan sampai dengan pengiriman hasil penghitungan ke kecamatan.

BACA JUGA : KPU Bantul Akan Rekrut 14.588 Anggota KPPS

“Yang mensimulasikan nantinya adalah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada saat Pilkada 9 Desember mendatang,” katanya, Minggu (15/11/2020).

Lebih lanjut Joko menambahkan, semua simulasi yang dilakukan akan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Mulai dari pengukuran suhu tubuh terhadap pemilih, pemberian sarung tangan sekali pakai dan penerapan jaga jarak di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

“Saat simulasi juga akan dipraktikkan, pengisian formulir hasil dengan metode aplikasi SIREKAP. Meskipun hasil akhir yang akan digunakan adalah hasil perhitungan manual, akan tetapi Sirekap tetap akan dijalankan sebagai bentuk publikasi dan transparansi proses penghitungan suara,” lanjutnya.

BACA JUGA : 2.212 Kotak Suara Untuk Pilkada Sudah Tiba di Bantul 

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menyatakan, setiap TPS nantinya akan dilengkapi dengan alat pelindung diri yaitu face shield dan masker untuk KPPS. Selain itu ada, hand sanitizer dan perlengkapan cuci tangan yang akan ditempatkan di masing-masing TPS, serta ada perlengkapan sprayer beserta disinfektan.

“Untuk proses sterilisasi dengan disinfektan di TPS dilakukan secara berkala oleh petugas ketertiban TPS sejak sebelum pemungutan suara dimulai sampai dengan penghitungan suara selesai,” terangnya.

Saat ini, masih kata Didik, alat pelindung diri (APD) untuk TPS sedang dilakukan proses pengepakan di KPU Bantul.

BACA JUGA : Ini Besar Modal Awal Abdul Halim dan Suharsono 

“Rencananya, APD akan dikirim secara berkala melalui penyelenggara di tingkat kecamatan dan selanjutnya didistribusikan ke TPS sehari sebelum pemungutan suara berlangsung,” ucapnya.