Advertisement

2.212 Kotak Suara Untuk Pilkada Sudah Tiba di Bantul

Jumali
Minggu, 08 November 2020 - 17:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2.212 Kotak Suara Untuk Pilkada Sudah Tiba di Bantul Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Sebulan jelang pemungutan suara pada Pilkada 2020, 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul mulai mendistribusikan logistik pemilihan.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan, saat ini logistik pemilihan telah tiba di Bantul. Logistik tersebut adalah 2.212 kotak suara berbahan karton terdiri kotak suara untuk TPS sebanyak 2.085 kotak suara dan kotak suara untuk rekap di PPK sebanyak 127 kotak suara.

Advertisement

Selain kotak suara, lanjut dia, logistik lainnya seperti bilik suara, tinta, segel, sampul, kabel ties dan, formulir model C dan surat suara, saat ini dalam proses produksi.

Baca juga: Laporan Donald Trump soal Kecurangan Pilpres AS Tak Terbukti

“Hampir semua logistik ini diadakan dengan proses E-Katalog sehingga secara proses dan kualitas dipastikan sudah sesuai dengan ketentuan pengadaan,” kata Didik, Minggu (8/11/2020).

Didik memerkirakan, semua logistik ini akan masuk di gudang KPU Bantul pada minggu ketiga November mendatang. Selanjutnya untuk pengelolaan logistik berupa pengesetan, sortir dan lipat dan diperkirakan membutuhkan waktu satu pekan.

“Dalam pengelolaan logistik ini KPU Bantul akan menerapkan protokol Kesehatan sehingga tenaga yang akan dilibatkan akan dibatasi dengan memperhitungkan jarak dan luas ruangan,” kata Didik.

Adapun untuk pengamanan logistik akan melibatkan kepolisian dan TNI sejak dari penyimpanan di gudang KPU sampai dengan distribusi di masing-masing PPS.

Baca juga: 415 Tempat Wisata di Jateng Sudah Dibuka Kembali

Ketua Divisi Teknis KPU Bantul, Joko Santoso menyampaikan selain logistik, di masing-masing TPS juga akan disediakan alat pelindung diri dan protokol kesehatan. Setiap TPS nantinya akan dilengkapi dengan pengukur suhu (thermo gun), sarung tangan sekali pakai untuk pemilih, fasilitas pencuci tangan, hand sanitizer, face shield untuk petugas, sprayer beserta disinfektan.

“Setiap petugas baik KPPS maupun petugas ketertiban TPS dipastikan juga telah melakukan rapid tes sebagai antisipasi pencegahan penularan wabah covid-19,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement