Advertisement

Bupati Bantul Ajak Masyarakat Sukseskan Coklit Data Pemiluh untuk Pilkada 2024

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 02 Juli 2024 - 19:27 WIB
Ujang Hasanudin
Bupati Bantul Ajak Masyarakat Sukseskan Coklit Data Pemiluh untuk Pilkada 2024 Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (kiri) saat menandatangani berita acara Coklit data pemilih untuk Pilkada 2024 di kediamannya. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Bupati Bantul Abdul halim Muslih mengajak amsyarakat untuk mensukseskan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024.

Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul melaksanakan coklit  menyambangi kediaman Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Advertisement

Kepala Divisi Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Bantul, Arya Syailendra menuturkan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) melakukan coklit di kediaman Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih di Singosaren, Wukirsari, Imogiri, Bantul pada Minggu (30/6/2024).

“Di minggu pertama ini kita fokusnya ke para tokoh dulu, seperti bupati, wakil bupati, ketua-ketua organisasi masyarakat [Ormas],” katanya, dikutip dari laman pemkab Bantul, Selasa (2/7/2024).

Dia menuturkan pelaksanaan coklit akan berlangsung pada 24 Juni-24 Juli 2024. Pada minggu pertama ini, tahapan coklit berfokus kepada para tokoh masyarakat yang ada di Bantul.

Dia menyampaikan coklit merupakan salah satu rangkaian Pilkada 2024 yang diselenggarakan untuk memutakhirkan data pemilih berbasis keluarga. 

BACA JUGA: Bawaslu Bantul Minta Coklit Dilakukan Langsung kepada Pemilih

"Coklit juga menjadi salah satu kunci kesuksesan Pemilu sebab berhubungan dengan keakuratan data pemilih," katanya

Dalam tahapan coklit data pemilih, pantarlih yang bertugas akan berkunjung ke setiap rumah tangga untuk mendata dan memperbaharui data pemilih sesuai dengan ketentuan yang ada. Menurutnya, coklit berkaitan dengan keakuratan dalam pemilih. Hal itu karena apabila dalam satu keluarga ada tambahan pemilih baru, anggota keluarga yang meninggal, atau yang mengalami disabilitas dapat diketahui dari proses coklit.

“Setelah tahapan coklit kita verifikasi daftar pemilih sementara, itu nanti diakumulasi dari data coklit setelah proses sinkronisasi semua selesai nanti akan terbentuk DPT atau daftar pemilih tetap yang mempunyai hak suara dalam Pilkada ini,” katanya

Sementara Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengimbau agar masyarakat Bantul kooperatif dalam proses coklit tersebut. Dia juga mengimbau agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada.

“Masyarakat Bantul terimalah Pantarlih yang akan mendatangi rumah-rumah Anda untuk melakukan coklit Pilkada agar partisipasi publik ini meningkat. Bantul ini harus terus melanjutkan pembangunannya. Maka, kepemimpinan daerah itu mesti kita selenggarakan dengan cara menggelar Pilkada. Jangan golput,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Disarankan Melibatkan UMKM

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement