Diduga Akibat Korsleting, Rumah Sarijo di Guwosari Terbakar

Ilustrasi. - Freepik
18 November 2020 16:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Nasib malang dialami oleh Sarijo, warga Watugedug, Guwosari, Pajangan. Rumah yang selama ini ditinggalinya terbakar, Rabu (18/11/2020) siang. Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik.

Kepala Manajer Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Bantul, Aka Luk Luk mengatakan kebakaran di rumah Sarijo terjadi pada pukul 11.00 WIB. Saat itu, tetangga korban, yakni Haryanto melihat kepulan asap hitam dari rumah Sarijo. Haryanto kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD Bantul.

Baca juga: Bocah 9 Tahun di Imogiri Jadi Korban Pencabulan Saat Mandi di Sendang

“Kami yang mendengar laporan langsung bergerak cepat dengan menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari pos induk,” katanya.

Menurut Aka, akibat kebakaran tersebut, Sarijo diperkirakan mengalami kerugian senilai Rp5 juta, menyusul terbakarnya ruang tamu dan gudang rumahnya. Oleh petugas yang memadamkan kebakaran, diduga api berasal dari korsleting listrik.

Baca juga: Pemerintah Bakal Salurkan BLT Rp1,8 Juta untuk Guru Honorer, Ini 5 Syaratnya

“Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan memerhatikan instalasi listriknya. Karena banyak kebakaran terjadi karena dipicu korsleting listrik,” terangnya.

Aka menambahkan, agar kebakaran tidak terjadi, selain mengecek instalasi listrik, warga dimbau untuk menggunakan kabel yang ber-SNI. Di samping itu, pengecekan steker harus rutin dilakukan. “Serta tidak menumpuk steker serta menyambung kabel,” jelasnya.