Girikerto Sambut Baik Program Desa Prima

Sosialisasi Desa Prima. - Harian jogja / Yudi Suprobo
18 November 2020 08:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Desa atau Kelurahan Prima (Perempuan Indonesia Maju Mandiri) dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan program prioritas tiga ends (tiga akhiri) yaitu akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi antara laki-laki dan perempuan.

Kepala Bidang Kesejahteraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan DP3AP2 DIY, Nelly Tristiana mengatakan jika berdasarkan hasil proyeksi penduduk kabupaten atau kota provinsi DIY 2010-2020, jumlah penduduk DIY tahun 2017 tercatat 3.762.167 jiwa, dengan persentase jumlah penduduk laki-laki 49,46% dan penduduk perempuan 50,54%.

"Sedangkan jumlah penduduk miskin di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tercatat pada bulan Maret 2017 adalah sekitar 466.000 jiwa atau sekitar 12,36% [BPS DIY, 2018]," ujar Nelly saat dikonfirmasi pada Selasa (17/11/2020).

Usaha penanggulangan kemiskinan dilakukan Pemerintah DIY diantaranya dengan upaya menekan pertumbuhan dan sekaligus mengurangi penduduk miskin sebagai prioritas pertama dalam pembangunan di DIY.

Kemiskinan, lanjut Nelly, menyebabkan kualitas kesehatan menjadi rendah, selanjutnya kesehatan yang rendah mengakibatkan mobilitas dan aktivitas menjadi rendah, baik dalam aktivitas ekonomi maupun tingkat produktivitasnya. Aktivitas ekonomi dan tingkat produktivitas yang rendah menyebabkan pendidikan menjadi rendah karena terbatasnya biaya yang tersedia untuk pendidikan.

Baca juga: Tingkatkan Peran Perempuan dengan Desa Prima

"Pendidikan yang rendah akan mengakibatkan kecenderungan terjadinya tindak kekerasan. Kesemuanya ini merupakan lingkaran setan yang mengakibatkan ketidakmampuan dan keterbelakangan menjadi permanen," ungkapnya.

Dalam memutus rantai lingkaran kemiskinan, salah satunya usaha yang dilakukan adalah dengan menitikberatkan
pada pemberdayaan dan peningkatan produktivitas kaum perempuan, karena secara kultural perempuan memegang peranan penting, baik di keluarga maupun di masyarakat.

"Keterlibatan perempuan bukanlah beban atau hambatan dalam pembangunan, melainkan justru menjadi salah satu potensi dan aset dalam pembangunan. Partisipasi perempuan di sektor ekonomi diakui telah membawa kontribusi yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas," sambung Nelly.

Salah satu usaha Pemerintah DIY melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk untuk menekan angka kemiskinan adalah dengan mengoptimalkan program Desa Prima.

"Oleh sebab itu, program Desa Prima dapat terus berperan menanggulangi kemiskinan melalui upaya ekonomi dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan seluruh potensi, baik Sumber Daya Alam [SDA] maupun Sumber Daya Manusia [SDM]," tegasnya.

Pengembangan Program Desa Prima merupakan program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam suatu
wilayah melalui peningkatan produktifitas ekonomi agar tercipta kehidupan yang lebih baik.

"Yang menjadi sasaran Program Desa Prima adalah perempuan dari keluarga miskin agar terjadi penurunan tingkat kemiskinan di wilayah-wilayah yang dianggap berpotensi dan memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi. Melalui program ini diharapkan perempuan semakin berperan dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa," paparnya.

Baca juga: Program Desa Prima, Perempuan Bangunkerto Ikuti Pelatihan Ekonomi Kreatif

Tujuan pembentukan desa prima diantaranya, tujuan umum adalah mewujudkan perempuan Indonesia yang maju dan mandiri di bidang ekonomi melalui pengembangan kegiatan-kegiatan ekonomi produktif untuk mendukung
terciptanya kondisi kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun bangsa.

"Tujuan khusus, dalam operasionalnya, tujuan umum tersebut dapat dijabarkan dalam beberapa tujuan khusus sebagai berikut, diantaranya meningkatkan kapasitas SDM perempuan Indonesia di bidang ekonomi sehingga mampu meningkatkan kontribusi dan keikutsertaannya dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi dan pembangunan di berbagai sektor kehidupan lainnya," pungkasnya.

Tekan Kemiskinan

Sementara itu, Penjabat (PJ) Lurah Girikerto Hadi Nugroho mengatakan jika ia menyambut baik program Desa Prima. Menurutnya, ke depan harapannya program Desa Prima dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya perempuan. Sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan.

"Realisasi program desa prima, kita baru dalam tahapan pembentukan desa prima dan hari ini sedang dalam proses pembentukan kelompok. Setelah kelompok terbentuk baru dapat mengajukan proposal sesuai kebutuhan," ungkapnya.

Kelompok desa prima sendiri yang diinisiasi oleh Girikerto sendiri terdiri dari kepala keluarga perempuan, miskin, punya keluarga penyandang disabilitas, dan punya usaha yang sudah berjalan.