Hadapi Erupsi Merapi, Sleman Dapat Rp1 Miliar dari BNPB

Kepala BNPB Doni Monardo saat di BPPTKG, Kamis (19/11/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
19 November 2020 19:27 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkab Sleman mendapatkan bantuan dari badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp1 miliar untuk menghadapi erupsi Gunung Merapi. Bantuan serupa juga diberikan pada tiga kabupaten di Jawa Tengah, yakni Boyolali, Klaten dan Magelang.

Hal ini disampaikan Kepala BNPB, Doni Monardo, saat rapat dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), di Kantor BPPTKG, Kamis (19/11/2020).

BACA JUGA: Ganti Rugi 20 Bidang Lahan Tol Jogja-Solo Mulai Dibayarkan, Rp47 Miliar Sudah Masuk Rekening

BNPB juga menempatkan satu unit helikopter untuk segala keperluan terkait mitigasi bencana erupsi. “Kami menempatkan satu helikopter yang nantinya bisa digunakan Pemda DIY dan Jateng untuk mengantisipasi hal-hal terkait kegunungapian,” ujarnya.

Doni mengingatkan pentingnya menjalankan protokol kesehatan penceghan Covid-19 dalam menangani pengungsi. Di lokasi pengungsian kata dia, perlu dipastikan pengungsi merasa aman dan nyaman, dengan dukungan logistik, obat-obatan, fasilitas istirahat dan sanitasi. “Khususnya kebutuhan air bersih, itu harus betul-betul terpenuhi,” katanya.

Terpisah, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan status Gunung Merapi sudah Siaga sehingga pengungsian harus sudah dipersiapkan. “Perkara nanti dipakai atau tidak itu persoalan lain. Tidak bisa begitu meletus langsung golek pengungsian kan ra mungkin,” katanya.