Dini Hari, Dapur Rumah di Temon Terbakar hingga Ludes

Kondisi dapur rumah di RT 026, RW 010, Dusun Pasir Mendit, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kulonprogo, yang ludes terbakar, Kamis (19/11/2020). - Ist/dok
19 November 2020 14:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Kebakaran melanda sebuah rumah di RT 26, RW 10, Dusun Pasir Mendit, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kulonprogo, Kamis (19/11/2020). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi dapur rumah beserta isinya ludes dilalap si jago merah.

Kapolsek Temon, Kompol Riyono mengatakan peristiwa itu bermula saat pemilik rumah, Parjiyem, 63, tengah memasak air menggunakan kayu bakar di dapur rumahnya sekitar pukul 02.00 WIB. Parjiyem kemudian meninggalkan ruangan tersebut untuk membersihkan lingkungan rumah. Ketika kembali, ia dikagetkan dengan kondisi dapur yang sudah terbakar.

Baca juga: Mendagri Tegaskan Kepala Daerah yang Tak Taat Prokes Bisa Dicopot

"Waktu kembali ke dapur, korban melihat bahwa sudah ada api yang membakar dapur tersebut," kata Riyono, saat dikonfirmasi Kamis (19/11/2020) siang.

Melihat dapurnya terbakar, Parjiyem lantas membangunkan suaminya, Sigit Purnomo, 65, untuk dilakukan pemadam. Dirasa api sudah terlalu besar sehingga sulit dipadamkan, Sigit kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Baca juga: Antibiotik Tak Boleh Digunakan Sembarangan, Apalagi Diberikan ke Tetangga

"Suami korban kemudian menghubungi damkar dan berusaha memadamkan api bersama warga. Setelah 1 jam api dapat dipadamkan," jelas Riyono.

Atas kejadian ini, Parjiyem menderita kerugian sebesar Rp5 juta, yang terdiri dari hangusnya bangunan dapur beserta peralatan memasak.