Puluhan Ban di Toko Digondol Maling, Pemilik Rugi Rp43 Juta

Ilustrasi. - Freepik
20 November 2020 12:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemilik toko ban di Jalan Wates-Jogja Km 2, Dusun Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, mengalami kerugian hingga Rp43,9 juta akibat kasus pencurian di toko tersebut.

Pemilik toko ban, Sugiyanto, kehilangan 27 ban truk dari berbagai merk dan ukuran, setelah maling masuk ke toko tersebut, Jumat (20/11/2020).

Di tokonya hanya tersisa lima buah ban original. Sedangkan ban vulkanisir yang ada di toko tidak ikut dibawa. "Untuk kerugian ditaksir mencapai Rp43.9 juta," ujarnya, Jumat.

Baca juga: Maling Masuk Toko Ban di Kulonprogo, Puluhan Ban Raib

Ia menuturkan hilangnya puluhan ban yang masih baru itu, pertama kali diketahui oleh karyawannya pada pukul 07.00 WIB. Karyawan tersebut merasa curiga ketika mendapati lima buah gembok yang biasa terpasang di pintu toko telah hilang.

Karyawan itu kemudian masuk untuk mengecek kondisi di dalam toko, dan mendapati ban truk yang disimpan di rak sudah raib. "Rak yang biasanya penuh dengan ban sudah kosong, karyawan lalu melaporkan hal tersebut kepada saya," kata Sugiyanto.

Baca juga: Waspada Erupsi Gunung Merapi, PLN Gelar Apel Siaga Bencana

Kanit Reskrim Polsek Wates Iptu FX Langgeng membenarkan ada pencurian ban truk di toko ban tersebut. Pihaknya juga telah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari sejumlah saksi. Petugas juga mendalami beberapa rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi.

"Dari rekaman yang ada, pelaku beraksi sekitar pukul 00.43 WIB, tapi ini semua masih dalam penyelidikan," ujar dia.