78 Santri Ponpes di Gamping Positif Covid-19, Ini Kronologinya

Ilustrasi. - Freepik
26 November 2020 16:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 78 santri di sebuah pondok pesantren di Gamping, Sleman, terpapar Covid-19. Penularan Covid-19 diawali satu santri yang melakukan rapid test dan tes swab. Santri tersebut sebelumnya menunjukkan gejala infeksi virus Corona dan ternyata positif Covid-19.

“Kronologinya ada satu kasus yang positif Covid-19, kemudian setelah ada satu kasus positif Covid-19, kami melacak penularannya. Dari hasil pelacakan ketemu 77 kasus lainnya, sehingga total ada 78 orang yang terpapar Covid-19,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Novita Krisnaeni, Kamis (26/11/2020).

BACA JUGA: Muncul Nama Rektor IPB Arif Satria Jadi Kandidat Pengganti Edhy Prabowo

“Santri yang melakukan rapid test tersebut memang sakit. Interaksi antara satu santri dengan santri lainnya memang masif sehingga terjadinya penularan,” terangnya.

Dari 78 orang yang terpapar Covid-19, kebanyakan adalah santri yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. Dinkes Sleman  sudah berkoordinasi dengan satgas Covid-19 tingkat desa, puskesmas, maupun ponpes agar 78 santri melakukan isolasi mandiri.

“Kami melihat lembaga tersebut mampu melakukan upaya isolasi mandiri kepada 78 santri. Pengawasan akan dilakukan oleh satgas Covid-19 tingkat desa dan puskesmas,” ujar Novita.

BACA JUGA: Warga Kokap Ditemukan Tewas dengan Leher Terlilit Kabel

Kebanyakan santri yang positif Covid-19 menunjukkan gejala batu, pilek, dan anosmia. "Paling banyak gejala anosmia atau kehilangan kemampuan mencium bau.

“Mereka kalau malam tidak merasakan bau apa-apa,” imbuhnya.

Dinkes Sleman merekomendasikan pondok pesantren agar melakukan upaya penyemprotan disinfektan di seluruh lokasi secara masif tiga hari berturut-turut.

“Pembelajaran tetap masih bisa dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 dengan ketat. Satgas Covid-19 di ponpes harus lebih diperkuat.”

BACA JUGA: Apa Peran Ngabalin dalam Penangkapan Menteri Edhy Prabowo?

Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo mengatakan kasus Covid-19 di pondok pesantren di wilayah Gamping masuk dalam kategori klaster penularan Covid-19. Namun, belum terjadi transmisi lokal.

“Sejauh ini, belum terjadi penularan transmisi lokal karena baru sampai generasi ketiga,” ujarnya.