BPD DIY Bangun Panggung Hiburan di Gabusan

Pjs Bupati Bantul (tengah) bersama Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad (kiri), dan Plt Asisten Bidang Pemerintahan Hermawan Setiaji (kanan) saat meresmikan panggung hiburan di Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Rabu (2/12/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.
03 Desember 2020 06:47 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY membangun panggung hiburan di Pasar Seni dan Wisata Gabusan (PSWG), Desa Timbulharjo, Kecamatan Gabusan, Bantul melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan panggung hiburan senilai Rp400 juta lebih tersebut secara resmi diserahkan kepada Pemkab Bantul untuk dikelola.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan pembangunan panggung hiburan di depan PSWG tersebut untuk menstimulasi para seniman dan budayawan dalam mempertunjukan karyanya di Gabusan. Dia mendengar bahwa pelaku seni di Bantul paling banyak di DIY dan Bantul juga memiliki kampus seni terbesar.

BACA JUGA : Bank BPD DIY Luncurkan Inovasi dan Program Layanan

Banyaknya potensi seni dan budaya di Bumi Projotamansari membuatnya perlu memberikan solusi untuk mereka bisa menampilkan karya seninya terutama seni pertunjukan, “Kami buatkan panggung ini supaya mereka bisa tampil berekspresi,” kata Santoso, disela-sela penyerahan pengelolaan panggung hiburan ke Pemkab Bantul di PSWG, Rabu (2/12/2020).

Dengan adanya kegiatan seni dan pertunjukan di PSWG, Santoso meyakini akan mengundang masyarakat dan wisatawan untuk datang menikmati pertunjukan tersebut. Jika masyarakat dan wisatawan hadir, kata dia, tentu ada aliran dana atau transaksi ekonomi di lokasi tersebut.

“Kalau ada aliran dana tentu ada egiatan ekonomi. Kalau ada kegiatan ekonomu tentu ada pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya yang disasar adalah kemakmuran masyarakat Bantul,” ucap Santoso.

BACA JUGA : Bank BPD DIY Syariah: Gedung Baru Semangat Baru

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul, Budi Wibowo yang secara simbolis menerima penyerahan pengelolaan panggung hiburan tersebut mengatakan bahwa bantuan BPD DIY tersebut sangat tepat dan banyak manfaatnya untuk masyarakat Bantul. Menurut dia seniman dan budayawan di Bantul sangat banyak dan membutuhkan panggung hiburan untuk mengeksplorasi kompetensi mereka.

Lokasi panggung hiburan di taman dan wisata Gabusan juga sangat cocok karena Pasar Seni dan Wisata gabusan tersebut sempat redup pamornya padahal posisinya sangat strategis untuk kegiatan seni dan ekonomi. “Dengan adanya panggung hiburan ini diharapkan Pasar Seni dan Wisata Gabusan kembali bersinar,” ucap Budi.

Lebih lanjut Budi menilai kerjasama Pemkab dengan pihak ketiga, salah satunya Bank BPD DIY penting karena APBD Bantul terbatas untuk mensejahterakan masyarakat. Dia juga melihat ide-ide kreatif masyarakat Bantul sangat bagus tinggal bagaimana pemerintah memberikan motivasi dan memfasilitasinya agar tetap tumbuh.

BACA JUGA : Layanan BPD DIY Mobile Kian Diminati

Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta mengatakan panggung hiburan yang ada di PSWG nantinya akan digunakan untuk menampilkan seni budaya lokal dan event lainnya yang bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Dia berharap bantuan pembangunan panggung hburan melalui CSR Bank BPD DIY bukan yang terakhir. Pihaknya masih berupaya mengembangkan kawasan PSWG, di antaranya memanfaatkan los 12 dan 15 untuk menjadi pusat jual beli barang antik. 

Selain menyerahkan CSR panggung hiburan, BPD DIY juga menyerahkan tiga buah kendaraan roda tiga pengangkut sampah. Dalam kesempatan tersebut Direktur BPD DIY Santoso Rohmad juga memperkenalkan aplikasi QRIS Ultimate Automated Transaction (QUAT) untuk berbagai transaksi.