Advertisement

Bertemu Kustini, GKR Hemas Apresiasi Produk Kerajinan Sleman

Yudhi Kusdiyanto
Kamis, 03 Desember 2020 - 23:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Bertemu Kustini, GKR Hemas Apresiasi Produk Kerajinan Sleman Kustini Sri Purnmomo saat bertemu dengan GKR Hemas di Galeri Parri, Kayen, Condongcatur, Depok, Kamis (3/12/2020). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menyambangi Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa yang mengadakan kegiatan blusukan di Galeri Parri Jalan Kaliurang Km.7, Kayen, Condongcatur, Depok, Kamis (3/12/2020). Dalam kunjungannya, Hemas mengapresiasi produk kerajinan UMKM di Sleman yang dipamerkan.

Sebelumnya, GKR Hemas, Kustini dan Danang sempat bertemu di Kraton Kilen, Selasa (1/12). Kebetulan, kedua perempuan ini juga berkecimpung di dunia kerajinan dan industri kreatif sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Advertisement

"Kualitas produk dan jahitannya bagus, dan bisa bersaing dengan produk manapun baik dalam negeri dan luar negeri. Apalagi produk di sini sudah ekspor juga," ucap GKR Hemas di Galeri Parri. Ikut hadir dalam dalam kegiatan tersebut putera menantu Sri Sultan HB X, KPH Purbodiningrat, dan Anggota DPR RI My Esti Wijayati.

Hemas mengungkapkan masyarakat DIY dianugerahi kreativitas dan semangat dalam mengolah suatu produk memanfaatkan potensi alam. "DIY ini pusat kerajinan, dan memiliki banyak pengrajin dan tenaga terampil yang kreatif. Ini harus terus didukung agar semua kerajinan yang ada bisa berkibar," kata GKR Hemas.

Dalam pertemuan itu, baik Hemas maupun Kustini menyatakan terus berupaya mewujudkan peran perempuan yang lebih aktif dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi. Ketahanan UMKM yang terkena dampak Covid-19 juga direspons keduanya dengan saling bertukar ide tentang pemulihan pascapandemi.

"Prioritas yang mendesak adalah pemulihan ekonomi. Untuk sasaran makronya UMKM, pertanian dan pariwisata. Sedangkan sasaran mikro menyentuh hingga level keluarga yaitu peningkatan ekonomi produktif setiap keluarga melalui gerakan wirausaha,” ujar Kustini.

Selain membahas UMKM, GKR Hemas dan Kustini juga membahas beberapa isu pembangunan daerah ke depan, antara lain peran perempuan dalam pembangunan daerah, ketahanan pangan dan keluarga serta pemulihan ekonomi.

Menurut Kustini, GKR Hemas juga memiliki komitmen perjuangan yang sama sebagai anggota DPD RI yang mengemban misi untuk kemajuan pembangunan DIY. "Ibu Ratu [GKR Hemas] mempunyai komitmen sesarengan mbangun Sleman," kata Kustini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement