Advertisement

Pulihkan Pariwisata, Ini Strategi Kota Jogja Tegakkan Protokol Kesehatan

Newswire
Sabtu, 05 Desember 2020 - 17:17 WIB
Sunartono
Pulihkan Pariwisata, Ini Strategi Kota Jogja Tegakkan Protokol Kesehatan Pengunjung melihat produk UMKM saat pameran Rona Expo di Kafe Susu Tuli, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Senin (30/11/2020). Pameran produk UMKM dan lukisan karya dari Komunitas Difabel Yogyakarta tersebut merupakan rangkaian dari Pekan Budaya Difabel, berlangsung hingga 4 Desember 2020. - Antara/Hendra Nurdiyansyah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah Kota Jogjaa berupaya memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 yang dibarengi dengan menggencarkan penerapan protokol kesehatan 4M, termasuk di tempat wisata menjelang libur akhir tahun 2020.

“Kami akan melakukan pemantauan untuk memastikan seluruh destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata lain seperti hotel, restoran dan tempat umum menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jogja Heroe Poerwadi , Sabtu (5/12/2020).

Advertisement

Menurut dia, upaya pemulihan ekonomi khususnya di sektor pariwisata yang menjadi lokomotif perekonomian Kota Jogja tidak bisa dilepaskan dengan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Jumlah Wisatawan Dibatasi

Bahkan, lanjut dia, protokol kesehatan tidak cukup dilakukan hanya dengan gerakan 4M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan saja tetapi juga harus didukung dengan penerapan protokol kesehatan tambahan sesuai dengan karakter tempat wisata.

“Misalnya dengan pembahasan jumlah pengunjung dalam waktu yang bersamaan supaya tidak muncul kerumunan, pengaturan alur masuk dan keluar pengunjung dan mengurangi sentuhan barang-barang,” katanya.

Di kawasan Malioboro, lanjut dia, juga sudah disiapkan QR Code di tiap zona yang wajib dipindai oleh wisatawan saat berkunjung sehingga petugas bisa memantau jumlah pengunjung.

Heroe yang juga Wakil Wali Kota Jogja itu mengatakan akan melakukan operasi gabungan di tempat wisata, tempat umum, dan tempat usaha untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin.

“Saya yakin, wisatawan akan berkunjung ke tempat yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat karena merasa aman dan lebih terlindungi. Makanya, kampanye penerapan protokol kesehatan 4M ini harus terus digencarkan,” katanya.

Ia pun berharap pengunjung atau wisatawan juga memastikan bahwa mereka sehat dibuktikan dengan hasil tes cepat nonreaktif atau uji usap negatif.

BACA JUGA : Harian Jogja Hari Ini: Kunjungan Wisatawan Naik 100 

“Jika wisatawan dan masyarakat Jogja sama-sama menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin, maka potensi kenaikan kasus usai libur panjang bisa ditekan. Tidak lagi terjadi kenaikan kasus seperti yang terjadi pada September dan November usai libur panjang,” katanya.

Dalam tiga hari terakhir, temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Jogja rata-rata lebih dari 20 kasus per hari. Pada Rabu (2/12) ditemukan 25 kasus positif baru, Kamis (3/12) 44 kasus baru, dan Jumat (4/12) sebanyak 28 kasus positif baru.

Dengan demikian, hingga Jumat (4/12), kasus aktif Covid-19 di Kota Jogja tercatat 219 kasus, 687 pasien sembuh atau selesai menjalani isolasi, dan 39 pasien meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement