Lagi, Dua Kepala Dinas Pemkot Jogja Positif Covid-19

Ilustrasi - Freepik
07 Desember 2020 12:47 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kasus Covid-19 kembali muncul di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja, kali ini berada di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP).

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan kasus ini berawal dari satu staf Diskominfosan yang terpapar Covid-19. Staf tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Tangerang. Virus Corona selanjutnya merembet ke Kepala Diskominfosan dan Sekretaris Diskominfosan.

BACA JUGA: Ini Tempat Penyimpanan Vaksin Sinovac di Indonesia

“Di Kominfo [Diskominfosan] ada kepala dinas, sekdin dan satu staf yang terkena sehingga kami kurangi aktivitasnya,” kata dia pada Senin (7/12/2020).

Upaya tracing pun lekas dilakukan. Hasilnya Kepala Dinas PUPK dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan uji swab.

“Sebaran dari Kadis Kominfo, semalam Kadis PU juga positif. Staf-stafnya sekarang diminta isolasi untuk melakukan swab,” ujar Heroe saat meninjau progres proyek Tugu.

“Kadis Kominfo dan Kadis PU pernah dalam satu kesempatan berada dalam satu forum bersama-sama. Semua OTG, tracing masih bergulir,” ujar Heroe.

BACA JUGA: Kerap Bantu Pemakaman Pasien Covid-19, Mantan Kadinsos Jogja Ditolak Warga Saat Akan Dimakamkan

“Dari Kadis Kominfo terus ke Kadis PU itu memang sudah generasi ketiga. Kepala Diskominfo dapat dari staf yang dari Tangerang, kena Kadis dan Sekdin Kominfo, nah saya enggak tahu apakah Kadis PU dapatnya dari Kadis Kominfo atau bukan, kalau sudah, ya klaster, tapi kalau bukan dari Kadis Kominfo ya belum klaster.”

Maraknya temuan kasus di lingkungan Balai Kota Jogja belum membuat Heroe merencakan work from home (WFH). “Hanya sejumlah dinas yang sebagian untuk dinas-dinas yang kena sebagian WFH. Jadi Kominfo sebagian WFH, BKPP sebagian WFH, sekarang PUPK sebagian juga WFH,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kota Jogja Agus Sudrajat juga terkena Covid-19 hingga meninggal dunia.