Mayat Pria Lansia Ditemukan Tergeletak di Jalan Desa di Lendah

Proses evakuasi jasad Mardi Wiyono di sebuah jalan corblok di Dusun Gegulu, Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah, Kulonprogo, Minggu (6/12/2020). - Ist
07 Desember 2020 10:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Seorang warga Dusun Gegulu, Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah, Kulonprogo, bernama Mardi Wiyono, 82, ditemukan tak bernyawa di sebuah jalan corblok yang tak jauh dari rumahnya, Minggu (6/11/2020) petang.

Jasad pria lanjut usia tersebut pertama kali ditemukan oleh warga setempat, Bejo. Ketika itu Bejo hendak pulang dari mencari rumput. Di tengah perjalanan menyusuri jalan corblok, ia melihat sesosok tubuh pria tergeletak. Bejo lantas mengecek tubuh itu dan menyadari bahwa itu adalah Mardi Wiyono.

Ia mencoba membangunkan Mardi Wiyono tetapi tidak ada respon. Setelah itu ia berteriak meminta tolong. Tak berselang lama, sejumlah warga yang tinggal sekitar di lokasi berdatangan. Namun tidak ada yang berani mendekat apalagi mengevakuasi tubuh itu lantaran takut.

Baca juga: Nataru, Tidak Ada Target Jumlah Kunjungan Wisatawan

"Karena tidak ada yang mau mendekat akhirnya kami memanggil pihak berwajib termasuk PMI Kulonprogo untuk dilakukan evakuasi," ujar Bejo saat dikonfirmasi wartawan, Senin (7/12/2020) pagi.

Staff Humas PMI Kulonprogo, Wisnu Rangga mengatakan pihaknya mendapat laporan tentang penemuan tersebut sekitar pukul 18.30 WIB. Sejumlah personel beratribut APD lengkap termasuk hazmat diterjunkan untuk mengevakuasi. Ketika dicek PMI memastikan bahwa Mardi Wiyono sudah meninggal dunia.

"Langsung kami evakuasi ke RSUD Wates untuk dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Baca juga: 200.000 Warga Kulonprogo Akan Disasar Vaksin Covid-19 Lebih Awal

Kapolsek Lendah AKP Fakhrorudin membenarkan adanya penemuan jasad di wilayah hukumnya. Adapun jasad itu sudah dievakuasi ke RSUD dan telah menjalani pemeriksaan. Pihaknya menduga Mardi Wiyono meninggal murni karena penyakit yang dideritanya.

"Berdasarkan informasi dari keluarga korban, ia memang memiliki riwayat asma dan sesak nafas yang sudah lama," ucapnya.