Muncul 12 Pilihan untuk Nama Stadion Cangkring

Pengendara motor melintas di depan Kompleks Stadion Cangkring, Wates, Kulonprogo, Senin (7/12/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
08 Desember 2020 06:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Nama baru untuk Stadion dan Gedung Olahraga (GOR) Cangkring di Kulonprogo masih dalam proses pembahasan. Sebanyak 12 nama yang sebelumnya telah terjaring akan diseleksi kembali untuk menentukan dua nama terbaik.

Sekretaris Daerah Kulonprogo, Astungkara mengatakan saat ini 12 usulan nama yang meliputi Widya Reksasana Raga, Wiyata Kredasana, Dharma Ginulang, Loka Abhinaya Cangkring, Mandala Sodewo, Sasana Krida, Sasana Wiyata Krida, Stadion Adikarta, Binangun Adikarta, Raden Mas Dorodjatun, Nyi Ageng Serang dan Cangkring, telah disampaikan kepada Bupati Kulonprogo. Selanjutnya nama-nama itu akan diseleksi lagi untuk menentukan dua nama terbaik untuk Stadion dan GOR Cangkring.

BACA JUGA : Nama Stadion Cangkring di Kulonprogo Akan Diganti 

"Pembahasan nama-nama ini masih dalam proses, nanti dalam penentuannya akan dilakukan oleh tim khusus," ujar Astungkara, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (7/12/2020).

Astungkara menjelaskan keputusan final nama-nama pilihan itu diserahkan langsung oleh tim khusus yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari pegiat olahraga, seniman hingga budayawana. Dijelaskan tidak ada kriteria khusus dalam penentuan nama tersebut, yang terpenting lanjut dia, nama itu memiliki makna baik dan pihak pengusul punya alasan yang kuat kenapa mengusung nama itu.

Disinggung kapan nama-nama final itu diputuskan, Astungkara belum bisa menjelaskan. Sebab proses pembahasan masih berlangsung. "Setelah diputuskan dua nama terbaik, masih ada satu proses lagi, yaitu meminta izin kepada keluarga tokoh pahlawan yang diusung untuk nama ini," ucapnya.

BACA JUGA : Buron Setahun Lebih, Pelaku Curas di Stadion Cangkring

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berencana mengubah nama Stadion dan GOR Cangkring, Kapanewon Wates, Kulonprogo. Usulan nama baru sudah bermunculan, dan digodok Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat.

"Ya sejumlah usulan nama baru untuk Stadion Cangkring sudah kami terima, dan telah dikomunikasikan dengan Bupati Kulonprogo," kata Kepala Disdikpora Kulonprogo, Arif Prastawa.

Arif mengatakan penggantian nama dilakukan karena nama Stadion Cangkring belum ada dalam dokumen resmi pemerintah daerah. Pihaknya sudah mengusulkan beberapa nama ke Bupati Kulonprogo, dengan harapan bisa segera ditentukan nama yang paling sesuai untuk nama kawasan, stadion dan GOR.

BACA JUGA : Pembangunan Gor Anyar Kulonprogo Terancam Molor

"Pengusulan dilakukan terpisah untuk nama kawasan, Stadion, dan GOR karena di dalam master plan kawasan ada beberapa venue, seperti tenis, kolam renang dan seterusnya, tapi nanti Bupati yang akan menentukan nama yang akan dipakai," jelas Arif.