Pilkada Bantul: Halim-Joko Unggul Telak di TPS Suharsono

Pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 55, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Rabu (9/12/2020). Di TPS ini, calon Bupati Bantul Suharsono mencoblos. - Harian Jogja/Jumali
09 Desember 2020 14:49 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul nomor urut 2, Suharsono-Totok Sudarto, kalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 55, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Rabu (9/12/2020).

Di TPS tempat Suharsono mencoblos pada Pilkada 2020 tersebut, Suharsono-Totok hanya meraup 70 suara. Sementara, pasangan nomor urut 1, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo unggul telak dengan 173 suara.

“Suara sah 243 sedangkan suara tidak sah 13. Jumlah suara sah dan tidak sah 256,” kata Ketua TPS 55, Purwahid.

Suharsono bersama istrinya, Erna Kusumawati, mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 55, Bangunharjo, Sewon pada pukul 06.45 WIB atau lima belas menit sebelum TPS dibuka.

Suharsono yang datang mengenakan sepeda motor dan berboncengan dengan istri sempat menyaksikan petugas TPS melakukan persiapan dan pengambilan sumpah, sebelum TPS dibuka.

Setelah dinyatakan dibuka oleh Ketua TPS Purwahid, Suharsono mendapatkan nomor urut satu dan langsung melakukan pemilihan di TPS yang telah disediakan.

Seusai pemilihan, Suharsono menyatakan dirinya sengaja datang lebih awal ke TPS.

“Karena saya terbiasa disiplin,” kata Suharsono usai memilih.

Pada kesempatan yang sama Suharsono juga menyatakan siap untuk menang dan kalah pada pilkada kali ini.

“Ini kan kompetisi sehat. Saya harap warga gunakan hak pilihnya. Namanya kompetisi ada yang kalah dan menang. Saya serahkan ke masyarakat untuk gunakan hak pilihnya, jangan sampai golput,” kata dia.