Advertisement

Bantul Diguncang Gempa, Getaran Terasa Sampai Sleman

Hey Setiawan (ST18)
Minggu, 13 Desember 2020 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Bantul Diguncang Gempa, Getaran Terasa Sampai Sleman Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Gempa mengguncang wilayah DIY pada Minggu, (13/12/2020) pukul 15.39 WIB. Gempa berkekuatan Magnitudo 5,4 ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis Stasiun Geofisika Sleman, pusat gempa terletak pada koordinat 9,81 lintang selatan dan 109,64 bujur timur. Lebih tepatnya berada di laut berjarak 226 km ke arah barat daya dari Kabupaten Bantul. Kedalaman gempa terukur 16 km.

Advertisement

Kepala Stasiun Geofisika Sleman Agus Riyanto mengatakan dalam keterangannya, gempa tersebut berjenis gempa dangkal yang terjadi akibat adanya subduksi lempeng Indo - Australia. Menurut pantauan, gempa bumi tersebut menghasilkan pergerakan sesar turun.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan kerusakan benda maupun bangunan yang ditimbulkan oleh gempa. Kendati demikian, getaran gempa terasa hingga wilayah Kabupaten Bantul, Kota Jogja dan Kabupaten Sleman.

“Hasil pemodelan menunjukan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Agus. Selain itu, berdasarkan pantauan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika [BMKG] hingga pukul 15.59 WIB, belum ada aktivitas gempa susulan yang terpantau.

Agus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu maupun informasi seputar gempa yang belum jelas kebenarannya. Jika menemukan bangunan yang rusak akibat gempa, warga juga diimbau untuk menjauh sejenak. Apabila terpaksa harus masuk ke sebuah bangunan atau rumah, warga diminta memastikan dahulu ada atau tidak kerusakan yang dapat memengaruhi stabilitas bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement