Bantul Diguncang Gempa, Getaran Terasa Sampai Sleman

Foto ilustrasi. - Antara Foto
13 Desember 2020 18:17 WIB Hey Setiawan (ST18) Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Gempa mengguncang wilayah DIY pada Minggu, (13/12/2020) pukul 15.39 WIB. Gempa berkekuatan Magnitudo 5,4 ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis Stasiun Geofisika Sleman, pusat gempa terletak pada koordinat 9,81 lintang selatan dan 109,64 bujur timur. Lebih tepatnya berada di laut berjarak 226 km ke arah barat daya dari Kabupaten Bantul. Kedalaman gempa terukur 16 km.

Kepala Stasiun Geofisika Sleman Agus Riyanto mengatakan dalam keterangannya, gempa tersebut berjenis gempa dangkal yang terjadi akibat adanya subduksi lempeng Indo - Australia. Menurut pantauan, gempa bumi tersebut menghasilkan pergerakan sesar turun.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan kerusakan benda maupun bangunan yang ditimbulkan oleh gempa. Kendati demikian, getaran gempa terasa hingga wilayah Kabupaten Bantul, Kota Jogja dan Kabupaten Sleman.

“Hasil pemodelan menunjukan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Agus. Selain itu, berdasarkan pantauan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika [BMKG] hingga pukul 15.59 WIB, belum ada aktivitas gempa susulan yang terpantau.

Agus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu maupun informasi seputar gempa yang belum jelas kebenarannya. Jika menemukan bangunan yang rusak akibat gempa, warga juga diimbau untuk menjauh sejenak. Apabila terpaksa harus masuk ke sebuah bangunan atau rumah, warga diminta memastikan dahulu ada atau tidak kerusakan yang dapat memengaruhi stabilitas bangunan.