Lagi, Sleman Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM 2020

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemkab Sleman, Susmiarto saat menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2020 dari Wakil Gubernur DIY, KGPA Arya Paku Alam X pada Peringatan Hari HAM sedunia Ke-72, di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Senin (14/12/2020). - Ist
14 Desember 2020 21:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kembali meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2020 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPA Arya Paku Alam X pada Peringatan Hari HAM sedunia Ke-72, di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Senin (14/12/2020).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Indro Purwoko mengatakan pada 2020 ini sebanyak 250 kabupaten/kota atau sekitar 50,4% dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten/kota di Indonesia meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM. "Dari jumlah tersebut, lima kabupaten/kota dari DIY tahun ini memperoleh predikat Peduli HAM,” jelas Indro.

Baca juga: Selamat! Kota Jogja Raih Predikat Kota Peduli HAM

Untuk pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), katanya, sejauh ini telah dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah. Meskipun demikian, ia mengharap dukungan yang konsisten dari seluruh pimpinan kepala daerah untuk pelaksanaan RANHAM.
“Mengingat pada 2021 nanti akan diterbitkan peraturan presiden tentang RANHAM yang baru,” kata Indro.

Wakil Gubernur DIY, KGPPA Paku Alam X mengapresiasi diraihnya penghargaan tersebut bagi lima kabupaten/kota di DIY. Ia mendorong agar pemerintah daerah khusunya kabupaten/kota se-DIY untuk melaksanakan RANHAM. "Tingkatkan terus penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM, karena ini menjadi pilar penting bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih tangguh dan lebih maju,” katanya.

Baca juga: Tingkat Partisipasi Pilkada di Sleman Paling Rendah

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan penghargaan tersebut membuktikan pemenuhan HAM di Sleman masih dijaga dan dilaksanakan dengan baik. Kabupaten Sleman, katanya, dapat mempertahankan predikat sebagai Kabupaten Peduli HAM pada 2019 dengan capaian 92, 21 dan meningkat dari tahun sebelumnya 90,66.

"Semoga diraihnya predikat ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan berbasis HAM diberbagai bidang,"ujar Sri. (*)