Advertisement

Lagi, Sleman Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM 2020

Abdul Hamied Razak
Senin, 14 Desember 2020 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lagi, Sleman Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM 2020 Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemkab Sleman, Susmiarto saat menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2020 dari Wakil Gubernur DIY, KGPA Arya Paku Alam X pada Peringatan Hari HAM sedunia Ke-72, di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Senin (14/12/2020). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kembali meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2020 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPA Arya Paku Alam X pada Peringatan Hari HAM sedunia Ke-72, di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Senin (14/12/2020).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Indro Purwoko mengatakan pada 2020 ini sebanyak 250 kabupaten/kota atau sekitar 50,4% dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten/kota di Indonesia meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM. "Dari jumlah tersebut, lima kabupaten/kota dari DIY tahun ini memperoleh predikat Peduli HAM,” jelas Indro.

Advertisement

Baca juga: Selamat! Kota Jogja Raih Predikat Kota Peduli HAM

Untuk pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), katanya, sejauh ini telah dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah. Meskipun demikian, ia mengharap dukungan yang konsisten dari seluruh pimpinan kepala daerah untuk pelaksanaan RANHAM.
“Mengingat pada 2021 nanti akan diterbitkan peraturan presiden tentang RANHAM yang baru,” kata Indro.

Wakil Gubernur DIY, KGPPA Paku Alam X mengapresiasi diraihnya penghargaan tersebut bagi lima kabupaten/kota di DIY. Ia mendorong agar pemerintah daerah khusunya kabupaten/kota se-DIY untuk melaksanakan RANHAM. "Tingkatkan terus penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM, karena ini menjadi pilar penting bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih tangguh dan lebih maju,” katanya.

Baca juga: Tingkat Partisipasi Pilkada di Sleman Paling Rendah

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan penghargaan tersebut membuktikan pemenuhan HAM di Sleman masih dijaga dan dilaksanakan dengan baik. Kabupaten Sleman, katanya, dapat mempertahankan predikat sebagai Kabupaten Peduli HAM pada 2019 dengan capaian 92, 21 dan meningkat dari tahun sebelumnya 90,66.

"Semoga diraihnya predikat ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan berbasis HAM diberbagai bidang,"ujar Sri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement