Advertisement

Tingkat Partisipasi Pilkada di Sleman Paling Rendah

Lugas Subarkah
Senin, 14 Desember 2020 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Tingkat Partisipasi Pilkada di Sleman Paling Rendah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Meski masih dalam situasi pandemi covid-19, partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 justru meningkat. Di DIY, dari tiga kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada, Gunungkidul menjadi kabupaten dengan peningkatan partisipasi terbanyak, sekaligus melampaui target nasional.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan, menjelaskan dibanding Pilkada sebelumnya, partisipasi Sleman meningkat 3%, Bantul 6% dan Gunungkidul 10%. “Gunungkidul terbanyak, dari sebelumnya 70 persen jadi 80 persen,” ujarnya, Senin (14/12/2020).

Advertisement

Sementara tingkat partisipasi Bantul menjadi 81% dan Sleman 75%. Bantul dan Gunungkidul melampaui target partisipasi nasional, yakni 77%. Kedua kabupaten ini juga memenuhi target partisipasi tingkat provinsi sebesar 80%.

BACA JUGA: Menikmati Wisata Perkebunan Anggur di Jogja

Meski Sleman belum memenuhi target, menurutnya dengan adanya kenaikan tersebut sudah sangat baik mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Ia melihat peningkatan partisipasi ini dipengaruhi oleh perbaikan data pemilu, sehingga yang tercatat adalah pemilih yang riil.

“Wajib E-KTP yang tercatat 6 Desember yang direkam setelah koordiansi Disdukcapil [Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil] sudah habis terekam. Bantul pun tinggal tujuh, orangnya pun sudah pindah keluar kota. Di Sleman ada 100 tapi itupun sudah sangat baik karena awalnya ada ribuan. Mobilitas di Sleman juga cukup tinggi,” katanya.

KPU tidak memfasilitasi tes swab petugas atau masyarakat selepas pemungutan suara. Sebab itu jika mau melihat dampaknya pada peningkatan kasus, maka hanya bisa dilihat data secara umum apakah ada lonjakan kasus setelah pilkada. Kendati demikian, dengan protokol kesehatan ketat selama pelaksanaan Pilkada, diharapkan mampu mengurangi risiko penularan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement