Advertisement

Buka Layanan COD, PT Pos Jogja Dorong UMKM Berkembang

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 15 Desember 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Buka Layanan COD, PT Pos Jogja Dorong UMKM Berkembang Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Yogyakarta, Arif Yudha Wahyudi (kiri) saat talkshow online bertajuk Tingkatkan Omzet Online Shop/ UMKM melalui COD Kantor Pos, Selasa (15/12/2020).-Harian Jogja - Gigih Mulistyo Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pos Indonesia Yogyakarta, membantu meningkatkan omzet online shop, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui layanan Cash On Delivery (COD).

Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Yogyakarta, Arif Yudha Wahyudi mengatakan layanan COD yang dikeluarkan di Kantor PT. Pos Indonesia (Persero) Yogyakarta terbilang masih baru, karena baru satu tahun ini, yang diadopsi dari Jawa Timur.

Advertisement

“Masyarakat menggunakan layanan ini melalui kita, dimana pembeli membayarnya di tempat ketika barang sudah datang,” ucap Arif, saat talkshow online Tingkatkan Omzet Online Shop/ UMKM melalui COD Kantor Pos, Selasa (15/12/2020).

Menurutnya inovasi ini juga tidak lepas pergeseran masyarakat yang dulu lebih banyak berbelanja langsung atau offline berubah ke online, dan semakin tumbuh lagi dengan adanya pandemi Covid-19. Banyak aktivitas masyarakat yang dilakukan dari rumah. Adanya layanan COD ini sangat membantu masyarakat, karena barang yang dibeli dapat diatarkan langsung ke rumah.

Layana COD ini juga menghindarkan masyarakat jika ada penipuan dalam jual beli secara online. Selain itu pengantaran barang pun yang dilakukan PT Pos Indonesia saat ini semakin cepat. Bagi UMKM sendiri atau online shop juga dapat memperluas pasar, dengan kepercayaan yang diberikan oleh para pembeli.

Dia mengatakan di DIY sangat potensi UMKM, dan telah didukung oleh Pemda DIY. PT Pos Indonesia Yogyakarta juga mencoba mengambil peran untuk pengembangan UMKM itu. “Kreativitas ini perlu diwadahi, didukung. Salah satunya dengan COD ini, menjembatani pembeli dan penjual. Jadi pembeli tidak ragu, karena bayar di tempat, rasa percaya, barangnya ada. Bagi penjual juga dapat memperluas pasar,” ucapnya.

Bagi UMKM yang ingin memanfaatkan layanan ini juga cukup mudah, karena hanya bermodalkan email dan Kartu Tanda Penduduk. Nantinya, petugas dari PT. Pos Indonesia akan membantu. Terlebih Ia mengatakan jaringan Kantor Pos hingga saat ini sampai pelosok, hal itu dipercaya juga dapat membantu pengembangan usaha masyarakat.

Menghadapi perkembangan teknologi yang ada, PT Pos Indonesia juga tidak ketinggalan. Salah satu terobosan yang dikeluarkan adalah aplikasi Pos Giro Mobile, yang memberikan berbagai layanan pembayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement