Anak Perusahaan AP 1 Luncurkan PASS di YIA, Ini Manfaatnya..

Salah satu pengguna jasa penerbangan saat menggunakan layanan PASS di YIA, Kapanewon Temon, Kulonprogo, Senin (14/12). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
15 Desember 2020 10:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Jelang libur natal dan tahun baru, PT. Angkasa Pura Hotel (APH) yang merupakan anak perusahaan dari PT. AP 1 membuka layanan Premium Airport Special Service (PASS) di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo.

PASS adalah layanan pendampingan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penumpang pesawat udara pada saat proses check in, pengurusan bagasi, pemeriksaan imigrasi, custom clearance, hingga fasilitas holding room di bandara, baik saat kedatangan maupun keberangkatan. Layanan ini dapat diakses melalui www.premium-pass.id.

BACA JUGA : Masyarakat Mengeluh Bandara YIA Terlalu Luas, Dewan DIY

"Kehadiran PASS merupakan upaya kami mendekatkan layanan kepada penumpang tanpa harus repot-repot. Cukup masuk ke website untuk bisa melakukan reservasi di situ," kata Direktur Utama APH Bendady Pramono seusai peluncuran website PASS di YIA, Senin (14/12/2020).

Bendady menjelaskan nama PASS merupakan rebranding dari Airport Premium Service (APMS) yang sudah di kelola oleh APH sejak tahun 2016. Adapun konsep baru ini menekankan bahwa APH sedang bertransformasi menuju go digital dalam upaya melakukan penjualan pelayanan dengan mudah melalui sistem daring.

"Di mana para pengguna jasa layanan dapat langsung melakukan reservasi dan juga payment gateway," ucapnya.

Sejauh ini baru ada lima bandara di bawah naungan AP 1 yang menyediakan layanan PASS. Selain YIA, ada pula Bandar Udara Gusti Ngurah Rai Bali; Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarmasin; Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang dan Bandar Udara Adi Soemarmo Solo.

BACA JUGA : Apa Kabar Proyek Aerotropolis di Kawasan YIA Kulonprogo

"Setelah ini nanti kami juga akan merambah ke bandara lain, dan ke depan akan ada di seluruh bandara yang dikelola AP 1," ujarnya.

PTS General Manager AP 1, YIA, Bambang Triyono mengatakan kehadiran PASS di YIA merupakan bentuk upaya APH dalam meningkatkan layanan kepada pengguna jasa penerbangan. Menurutnya calon penumpang yang menggunakan PASS akan sangat diuntungkan karena seluruh proses mulai dari check in sampai berangkat telah dibantu oleh petugas layanan ini.

"Kehadiran layanan ini akan sangat menguntungkan, terlebih kalau [penumpang] terbang dan mendaratnya dari bandara yang dikelola AP1. Penumpang akan benar-benar teristimewakan," ujar dia.