PDIP DIY: Gembira Bersama Rakyat Sambut Keputusan Presiden Jokowi Gratiskan Vaksin

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri). - Ist
17 Desember 2020 07:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Setelah sekian lama pandemi Covid-19 membuat masyarakat dunia begitu cemas, akhirnya dengan berbagai upaya dan melalui riset yang mendalam didapatkan vaksin untuk mengatasi Covid - 19.

Tentu ini sebuah khabar gembira dan yang lebih menggembirakan lagi adalah keputusan Presiden Joko Widodo yang sangat luar biasa, yakni menggratiskan vaksin untuk masyarakat dengan prioritas vaksin bagi kelompok rentan dan pelaku ekonomi kerakyatan.

Dalam kaitan hal itu, Sekretaris DPD Totok Hedi santosa mengatakan bahwa PDI Perjuangan DIY akan ikut berperan serta mensosialisasikan kegiatan tersebut sampai ke lapis masyarakat paling bawah.

"Setelah kurang lebih 6 bulan pikiran dan tenaga seluruh kader digerakkan dalam kontestasi Pilkada 2020, kini saatnya seluruh kader PDI Perjuangan DIY bahu-membahu dengan pemerintah untuk menjamin benar-benar terlaksananya program vaksin tersebut ke kelompok masyarakat yang diprioritaskan," Kata Totok Hedi Santosa yang akrab disapa Tohed ini.

Baca juga: Ada-Ada Saja, Kades di Klaten Ini Jaminkan Sepatunya karena Tak Bawa Uang Saat Beli Nasi Goreng

Untuk itu, menurut Tohed, DPD PDI Perjuangan DIY akan memanfaatkan momen Hari Ibu, 22 Desember 2020, untuk mengajak seluruh kader perempuan dan masyarakat bersama-sama turun ke bawah memberi penjelasan ke masyarakat perihal manfaat dan pentingnya vaksin gratis tersebut.

Sementara itu, DPP PDI Perjuangan menyambut baik dan sangat mendukung keputusan Presiden Joko Widodo yang menggratiskan pemberian vaksin kepada masyarakat. DPP PDI Perjuangan meminta pemerintah untuk memprioritaskan vaksin bagi kelompok rentan dan pelaku ekonomi kerakyatan.

Dalam rilisnya kepada media, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, PDI Perjuangan menyambut baik keputusan Presiden Jokowi yang mengratiskan vaksin untuk masyarakat.

“Keputusan vaksin untuk masyarakat gratis mengharukan dan menunjukkan negara hadir. Apa yang diputuskan oleh Presiden Jokowi menunjukkan bagaimana pemerintah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia ditunjukkan dijalankan dengan baik. PDI Perjuangan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap seluruh program kerakyatan pemerintah,” kata Hasto Kristiyanto.

Dikatakan, pandemi Covid 19 telah mendorong PDI Perjuangan melalui struktur partai, legislatif, para kepala dan wakil kepala daerah untuk menggelorakan gotong royong nasional; mendorong kebijakan relokasi anggaran; dapur umum; pembagian alat pelindung diri dan juga gerakan menanam tanaman yang bisa dimakan.

Baca juga: Suara Guguran Terdengar Lima Kali dari Gunung Merapi

“Partai menjadikan kantor Partai sebagai pusat gerak kemanusiaan Partai. Pemberian vaksin secara gratis diharapkan diprioritaskan untuk kelompok rentan, dan pelaku ekonomi kerakyatan seperti pedagang pasar. Selain itu para tenaga pengajar, tenaga medis serta upaya mendorong bekerjanya transportasi umum juga diprioritaskan. Dengan demikian daya dorong vaksin selain membentengi masyarakat, juga diprioritaskan bagi pergerakan ekonomi nasional," kata Hasto Kristiyanto.

PDI Perjuangan berharap dengan momentum vaksin gratis tersebut, akan semakin membangkitkan optimisme nasional bahwa pandemi Covid-19 dapat diatasi bersama-sama. "Fraksi PDI Perjuangan DPR RI melalui Badan Anggaran DPR RI akan memberikan dukungan melalui kebijakan fiskal pro rakyat," kata Hasto Kristiyanto. (*)