Jaga Simbah dari Wabah Terus Dijalankan

Program Jaga Simbah dari Wabah, di Desa Ramah Lansia Kalurahan Pacarejo, Kapanewon, Semanu, Minggu (20/12 - 2020).Ist
21 Desember 2020 09:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kasus Covid-19 yang belum melandai membuat Rumah Zakat terus menjalankan program Jaga Simbah dari Wabah, di Desa Ramah Lansia Kalurahan Pacarejo, Kapanewon, Semanu.

Program ini sebagai wujud kepedulian pada warga lanjut usia (lansia) yang tergolong kelompok rentan, terpapar Covid-19. Berbagai unit kegiatan telah dirasakan manfaatnya oleh para lansia.

Home visit atau kunjungan ke rumah lansia disertai layanan pemeriksaan kesehatan cek tensi, timbang berat badan, cek metabolik meliputi cek kolesterol, asam urat dan gula darah serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dilakukan.

Baca juga: Belasan Santri Terpapar Covid-19, Ponpes di Gunungkidul Tetap Dibuka

Rumah Zakat juga telah membuat Kebun Gizi Lansia yang dikelola dan dirawat oleh lansia, untuk menambah aktivitas para simbah, sehingga tetap bisa beraktivitas dan sehat di tengah pandemi, serta mendapatkan aneka sayuran hasil panen Kebun Gizi Lansia tersebut.

Memasuki era new normal sekitar September 2020, para lansia setiap bulan rutin melaksanakan kegiatan terpusat di Pos Lansia Husnul Khotimah di area Kebun Gizi Lansia di Dusun Jetis Kulon, Kalurahan Pacarejo. Para lansia mendapatkan pelayanan kesehatan berupa cek tensi, timbang berat badan, ukur tinggi badan, cek metabolik meliputi cek kolesterol, asam urat, gula darah dan pemberian PMT buah-buahan.

Khusus untuk Minggu (20/12/2020) para simbah diajak untuk memulai senam lansia. “Tujuannya agar para simbah semakin sehat dengan banyak melakukan gerakan sekaligus terhibur dengan iringan musik yang mengasyikan,” ucap Fasilitator Rumah Zakat, Desa Pacarejo, Ratno.

Sebelum melakukan senam lansia, para simbah tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak kemudian dicek dulu tensi dan berat badannya. Setelah senam lansia usai,para simbah diajak memanen kangkung di ember sistem budikdamber untuk dibawa pulang simbah. Sambil istirahat dan mengikuti acara pembagian PMT berupa buah jeruk medan super dan sembako.

Baca juga: Ini Daftar 10 Perempuan Tercantik di Dunia, Lesty Kejora Nomor 5

"Selanjutnya Rumah Zakat sedang mengupayakan pengadaan fasilitas taman lansia [playground] agar para simbah semakin banyak aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan, semoga dimudahkan,” ucapnya.

Kegiatan tersebut juga disambut baik oleh salah salah satu peserta, Slamet. “Terima kasih Rumah Zakat, sangat senang bisa ikut senam, dapat keringat, dapat PMT sama sembako,” ucap Slamet.