Nataru, Titik Rawan Macet di Kulonprogo Dipasang Rambu Pengalihan Arus

Ilustrasi Rekayasa lalu lintas. - Solopo/Nicolous Irawan
25 Desember 2020 12:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Perhubungan dan Satuan Lalulintas Polres Kulonprogo akan memasang rambu tambahan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi kemacetan selama berlangsungnya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Sukirno mengatakan rambu itu dipasang di tiga titik yakni pertigaan Toyan, Simpang Tiga Ngeplang dan jalur alternatif Muntilan-Magelang.

Pemasangan diperlukan karena tiga titik itu rawan kemacetan. Ditambah ada prediksi kenaikan jumlah kendaraan selama Nataru sebesar 10 persen.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Nataru tahun ini juga diprediksi ada kenaikan sampai 10 persen, sehingga di beberapa ruas yang rawan kemacetan akan dipasang rambu pengalihan arus," kata Sukirno, kepada wartawan Jumat (25/12/2020).

Dishub sendiri akan menerjunkan 33 personil untuk memantau ruas jalan yang terpasang rambu pengalihan arus itu. Petugas di lapangan bersama satlantas Polres Kulonprogo juga bakal mengatur kondisi lalu lantas di sana agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Selain tiga titik yang sudah disebutkan di atas, pemantauan juga berfokus di kawasan Terminal Wates dan Simpang Lima Karangnongko karena di sana sedang ada proyek pemasangan pipa pertamina, sehingga riskan terjadi kemacetan.

Sementara itu Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Didik Purwanto mengatakan selain mengamankan arus lalu lintas, personil di lapangan juga akan menindak tegas pengendara yang melanggar aturan lalu lintas selama Nataru di antaranya berkonvoi, mengemudi dalam kondisi mabuk dan menggunakan knalpot blombongan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melanggar aturan tersebut demi keselamatan dan kenyamanan bersama," ucapnya.