Advertisement

Antisipasi Kerumunan saat Tahun Baru, Puncak Sosok Tutup Sementara

Ujang Hasanudin
Kamis, 31 Desember 2020 - 06:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Antisipasi Kerumunan saat Tahun Baru, Puncak Sosok Tutup Sementara Spanduk pengumuman penutupan sementara Puncak Sosok saat malam Tahun Baru 2021 terpasang di loket masuk Puncak Sosok. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pengelola Pucak Sosok memutuskan untuk menutup sementara objek wisata yang berlokasi di Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Bantul. Penutupan berlangsung selama 18 jam terhitung mulai Kamis (31/12) pukul 12.00 WIB sampai Jumat (1/1/2021) pukul 06.00 WIB.

Humam Nahari, salah satu pengelola Puncak Sosok mengatakan penutupan sementara dilakukan dengan berbagai pertimbangan, salah satunya untuk mengurangi risiko terjadinya kerumunan yang berpotensi memicu penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Advertisement

Di masa pandemi kami berupaya mengurangi kerumunan, oleh karena itu kami memutuskan untuk menutup sementara Puncak Sosok pada perayaan Tahun Baru 2021,” kata Humam saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (30/12/2020).

Menurut Humam, jika mengacu pada Surat Edaran Dinas Pariwisata Bantul, objek wisata malam sebenarnya masih bisa beroperasi sampai pukul 21.00 WIB. Namun pihaknya berpikir kembali karena pengelola kesulitan membubarkan pengunjung yang sudah terlanjur masuk ke kawasan Puncak Sosok.

Kondisi itu mengacu pada kunjungan wisatawan pada malam Tahun Baru 2020, di mana berdasarkan tiket jumlah pengunjung mencapai 6.000 orang. Pengunjung baru bubar pukul 01.00 WIB hingga 02.00 WIB dan sebagian ada yang kemping di lokasi sampai pagi.

Pengelola, menurut Hamam, tidak ingin mengambil risiko dengan membuka Puncak Sosok hingga pukul 21.00 WIB. Terlebih, pengunjung yang datang di malam Tahun Baru tujuannya menunggu detik-detik pergantian tahun.

Pria yang menjabat sebagai Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Linuwuh, Desa Bawuran, ini mengatakan sejak dua bulan terakhir sudah banyak yang ingin kemping di Puncak Sosok pada malam Tahun Baru, namun pengelola belum memberikan kepastian karena menunggu pandemi mereda. Namun ternyata pandemi Covid-19 masih berlangsung bahkan jumlah kasus terus bertambah. Pengelola akhirnya memutuskan untuk menutup sementara Puncak Sosok.

Saat ini beberapa spanduk penutupan sementara dipasang di jalan menuju Puncak Sosok. Selain itu, pemberitahuan penutupan sementara juga disampaikan melalui media sosial.

Sekretaris Dispar Bantul, Annihayah mengaku belum mengetahui objek wisata malam yang tutup saat malam Tahun Baru. Pada Rabu Dispar menggelar rapat evaluasi bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul di Kantor Satpol PP Bantul menentukan langkah penegakan protokol kesehatan di lapangan selama libur Tahun Baru 2021. “Arahnya dilakukan pendisiplinan warga agar tidak ada kerumunan terutama di malam Tahun Baru 2021,” kata Annihayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement