Puskesmas di Pelosok Kulonprogo Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi. - Reuters
06 Januari 2021 12:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo memastikan seluruh puskesmas di kabupaten ini sudah menyiapkan fasilitas penunjang pelaksanaan vaksinasi. Tak terkecuali puskesmas di kawasan pelosok.

"Seluruh puskesmas sudah menyiapkan berbagai fasilitas vaksinasi seperti kulkas penyimpanan vaksin. Rata-rata daya tampungnya bisa mencapai 70 liter," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, Rabu (6/1/2021).

BACA JUGA : Penerima Vaksin Kota Jogja Masih Divalidasi 

Baning mengatakan seluruh puskesmas di Kulonprogo yang jumlahnya 21 unit dilibatkan dalam pelaksanaan imunisasi Covid-19. Selain puskesmas, pihaknya juga menggandeng dua rumah sakit milik pemerintah yakni RSUD Wates dan Nyi Ageng Serang (NAS) Sentolo.

"Kami juga sedang berproses untuk melakukan asesmen kepada rumah sakit atau klinik swasta yang berpotensi membantu kami dalam pelaksanaan vaksinasi," ujarnya.

Dijelaskan, vaksinasi tahap pertama di Kulonprogo akan menyasar tenaga kesehatan. Melalui sistem informasi SDMK yang dikelola Kementrian Kesehatan RI, tercatat dari total 3.233 nakes di Kulonprogo, sebanyak 3.160 di antaranya sudah masuk data sasaran imunisasi tahap pertama.

BACA JUGA : 26.800 Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Jogja

Pelaksanaan vaksinasi di Kulonprogo kata Baning akan dilakukan paling cepat pertengahan bulan ini, tepatnya 14 Januari 2020. Di tanggal itu vaksin yang seperti diketahui telah sampai di DIY kemarin, akan didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di DIY. Setelah sampai di seluruh kabupaten dan kota, kemudian dikirim ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang telah ditunjuk untuk melakukan vaksinasi.

"Kalau di Kulonprogo kita ada gudang farmasi dengan daya tampung sampai 847 liter, nah dari gudang nanti didistribusikan ke seluruh Puskesmas dan rumah sakit untuk melaksanakan vaksinasi," ucap Baning.