Puluhan Vaksinator di Kota Jogja Telah Dilatih

Ilustrasi. - Reuters
07 Januari 2021 08:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Vaksin Covid-19 telah sampai di DIY. Sementara itu puluhan tenaga kesehatan Kota Jogja juga telah disiapkan sebagai vaksinator.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi menuturkan jika pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan Dinkes DIY menyangkut jumlah vaksin yang bakal diterima Kota Jogja. "Saya belum bisa menjawab. Siang ini baru rakor dengan Dinkes DIY. Besok saya laporkan ke Ketua Harian Satgas covid-19 dan nanti beliau yang menyampaikan," ujarnya Rabu (6/12/2020).

Emma hanya dapat menyebutkan jumlah secara rinci tenaga kesehatan yang telah mendapat pelatihan vaksin. Kelak merekalah yang akan menjadi vaksinator di Kota Jogja. "Kalau Jogja sendiri yang sudah dilatih vaksinator ada 42 petugas dari 18 Puskesmas dan tiga RS lemerintah. Ya karena ini kan penyakit baru jadi harus dilakukan pelatihan," terangnya.

Baca juga: Bansos Covid-19 di Sleman Bakal Cair Pekan Depan

Dijelaskan Emma, jika sebelumnya sejumlah nakes yang terdiri dari dokter, bidan, dan perawat telah mendapat pelatihan vaksin selama empat hari. Namun pihaknya mendapat informasi bakal ada pelatihan kembali di pertengahan Januari mendatang. "Infonya kemarin ada lagi pelatihan tanggal 11-13 Januari 2021 tapi resminya belum sampai ke Dinkes Kota Jogja," tuturnya.

"Ya sementara sudah semua [dilatih] tapi nanti kalau ada kebijakan baru mungkin harus ada yang dilatih lagi untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi. Semoga nanti siang Dinkes Kota Jogja sudah tahu jumlah vaksin yang akan didistribusikan ke Kota Jogja," imbuh Emma.

Baca juga: Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Kembali Terlihat

Sebelumnya Ketua Harian Satgas Penanganam Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyebutkan jika sebagian nakes telah menerima sms guna menyiapkan diri untuk memperoleh vaksin. Dia menambahkan jika di awal Januari ini pihaknya mendengar akan ada beberapa sms bagi penerima vaksin unruk mempersiapkan diri. Meski demikian pihaknya belum tahu secara rinci jumlah vaksin yang bakal diterima Kota Jogja.

"Kita belum tahu kuotanya berapa, kapan mulainya kita belum tahu," ujarnya.