Advertisement

Pasar Hewan Terpadu di Pengasih Kini Dilengkapi Pasar Tani

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 08 Januari 2021 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Pasar Hewan Terpadu di Pengasih Kini Dilengkapi Pasar Tani Pasar Tani yang baru dibuka di Kompleks Pasar Hewan Terpadu (PHT), Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Jumat (8/1/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kulonprogo mengembangkan Pasar Hewan Terpadu (PHT) dari yang semula hanya khusus sebagai tempat jual beli ternak sekarang menjajakan hasil pertanian kelompok wanita tani (KWT) setempat.

Pengembangan itu diawali dengan pembukaan Pasar Tani di Komplek PHT, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Jumat (8/1/2021) pagi. Sebanyak 18 KWT yang ada di Pengasih dilibatkan dalam operasional pasar ini. Mereka menjual berbagai macam sayur dan buah-buahan segar, di samping itu juga produk olahan pertanian.

Advertisement

Kepala Distanpangan Kulonprogo Muh Aris Nugroho mengatakan Pasar Tani merupakan bagian dari upaya pengembangan PHT. Ke depan PHT tak hanya sebatas sebagai tempat jual beli ternak, tapi juga jadi semacam pasar umum yang juga menjual berbagai hasil pertanian.

"Ke depan ini akan jadi pasar pertanian secara umum, jika sebelumnya hanya ada ternak, mulai sekarang sudah bisa ditemui berbagai hasil pertanian," kata Aris sesuai peresmian Pasar Tani, Jumat pagi.

Aris menjelaskan dilibatkannya KWT dalam Pasar Tani adalah salah satu upaya Distanpangan dalam membantu pemasaran produk pertanian. Selama ini Distanpangan terlibat langsung dalam pemberdayaan petani di Kulonprogo. Keterlibatan itu berupa pendampingan petani mulai dari proses on farm, pengolahan, hingga pemasaran.

Distanpangan membantu peningkatan produktivitas hasil pertanian. Setelah itu petani diajak untuk tidak hanya menjual hasil tani secara langsung, melainkan diolah terlebih dahulu sehingga harga jualnya lebih tinggi. "Dan terakhir proses pemasaran yang diwujudkan dengan dibukanya Pasar Tani ini," kata Aris.

Aris mengatakan saat ini Pasar Tani baru diisi KWT dari Pengasih. Namun ia berjanji ke depan seluruh KWT di Kulonprogo akan dilibatkan dalam operasional pasar ini. Hal itu menurutnya mungkin terjadi karena potensi lahan di PHT untuk dijadikan tempat jual beli produk olahan pertanian masih sangat luas.

"Perlu diketahui luas lahan PHT itu mencapai 5,2 hektare, jadi masih sangat mungkin kita tambah KWT yang terlibat di Pasar Tani," jelasnya.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan hadirnya Pasar Tani di komplek PHT jadi langkah awal PHT untuk dikembangkan jadi pasar pertanian terpadu. "Jadi pertanian dalam arti luas, ya tanaman pangan, hortikultura, perebunan, sampai perikanan masuk di dalam PHT," ujarnya.

Ia pun berharap langkah ini dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke PHT sehingga pendapatan pedagang di pasar tersebut bisa meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement