Aktivitas Dibatasi, Puskesmas di Jogja Ubah Jam Layanan

Ilustrasi. - Antarafoto
11 Januari 2021 17:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pemberlakuan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY menyembabkan perubahan layanan di sejumlah fasilitas kesehatan masyarakat seperti puskesmas.

Perubahan jam layanan diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi. Dijelaskan Emma ada perubahan jam layanan terutama pada jam pendaftaran. Adapun jam pendaftaran poliklinik Puskesmas terkini di Kota Jogja yakni Senin-Kamis pukul 07.30 s/d 10.30 WIB, Jumat pukul 07.30 s/d 09.30 WIB dan Sabtu pukul 07.30 s/d 10.00 WIB.

BACA JUGA: Di Gunungkidul, Akad Nikah di Rumah Maksimal Dihadiri 25 Orang

Kendati demikian, Emma yang dihubungi pada Senin (11/1/2020) memastikan seluruh layanan poli pada Puskesmas tetap beroperasi. Selain itu tidak ada kuota harian yang diberlakukan di Puskesmas. Selama masih beroperasi layanan kegawatdaruratan tetap bisa dilayani di Puskesmas. Namun bila melebihi jam kerja dapat menghubungi PSC 119. "Tidak ada pembatasan kuota harian, yang penting masih di jam pendaftaran masih diterima," terangnya.

Kepala Puskesmas Gedongtengen, Tri Kusumo Bawono menerangkan pelayanan puskesmas maju setengah jam untuk pendaftaran. "Ya otomatis dengan wktu terbatas, kemudian jumlah pasien jadi terbatas. Tenaga kami kan hanya separuh karena WFH. Tidak ada bedanya, cuma tenaganya dikurangi, dari biasa 50 tenaga jadi 25 tenaga," ujarnya.

"Intinya pelaksanaan tidak ada kendala. Dengan WFH kami sangat setuju, karena kami ada waktu istirahat begitu panjang. Ini tujuannya supaya pertama teman-teman bisa istirhat. Kedua mengurangi paparan kemudian, ketiga supaya imunnya meningkat karena kalau stres setiap hari bertempur, Covid-19 sekarang kan banyak sekali dan itu nyata," tegas Tri.