Advertisement

Aktivitas Dibatasi, Puskesmas di Jogja Ubah Jam Layanan

Catur Dwi Janati
Senin, 11 Januari 2021 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Aktivitas Dibatasi, Puskesmas di Jogja Ubah Jam Layanan Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemberlakuan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY menyembabkan perubahan layanan di sejumlah fasilitas kesehatan masyarakat seperti puskesmas.

Perubahan jam layanan diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi. Dijelaskan Emma ada perubahan jam layanan terutama pada jam pendaftaran. Adapun jam pendaftaran poliklinik Puskesmas terkini di Kota Jogja yakni Senin-Kamis pukul 07.30 s/d 10.30 WIB, Jumat pukul 07.30 s/d 09.30 WIB dan Sabtu pukul 07.30 s/d 10.00 WIB.

Advertisement

BACA JUGA: Di Gunungkidul, Akad Nikah di Rumah Maksimal Dihadiri 25 Orang

Kendati demikian, Emma yang dihubungi pada Senin (11/1/2020) memastikan seluruh layanan poli pada Puskesmas tetap beroperasi. Selain itu tidak ada kuota harian yang diberlakukan di Puskesmas. Selama masih beroperasi layanan kegawatdaruratan tetap bisa dilayani di Puskesmas. Namun bila melebihi jam kerja dapat menghubungi PSC 119. "Tidak ada pembatasan kuota harian, yang penting masih di jam pendaftaran masih diterima," terangnya.

Kepala Puskesmas Gedongtengen, Tri Kusumo Bawono menerangkan pelayanan puskesmas maju setengah jam untuk pendaftaran. "Ya otomatis dengan wktu terbatas, kemudian jumlah pasien jadi terbatas. Tenaga kami kan hanya separuh karena WFH. Tidak ada bedanya, cuma tenaganya dikurangi, dari biasa 50 tenaga jadi 25 tenaga," ujarnya.

"Intinya pelaksanaan tidak ada kendala. Dengan WFH kami sangat setuju, karena kami ada waktu istirahat begitu panjang. Ini tujuannya supaya pertama teman-teman bisa istirhat. Kedua mengurangi paparan kemudian, ketiga supaya imunnya meningkat karena kalau stres setiap hari bertempur, Covid-19 sekarang kan banyak sekali dan itu nyata," tegas Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement