Pembatasan Diterapkan, Kunjungan Wisata ke Sleman Anjlok

Ratusan pengunjung memadati kawasan Tebing Breksi, Minggu (30/12/2018) - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
12 Januari 2021 19:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Penerapan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) berdampak pada turunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Sleman hingga 75%. Sejumlah destinasi memilih untuk tutup selama masa PTKM.

Pengelola Obyek Wisata Tebing Breksi, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Kholiq Widianto mengatakan pada hari kedua penerapan PTKM, jumlah kunjungan wisatawan menurun drastis. Jika sebelumnya Tebing Breksi rata-rata dikunjungi 600 orang sejak awal Januari ini, kunjungan wisatawan pada Selasa (12/1/2021) kemarin hanya 409 orang. Meski begitu, pengelola tidak mengambil kebijakan untuk mengurangi petugas. Pengelola hanya mengurangi jam kerja karyawan saja.

BACA JUGA: Masih Panjang, Epidemiolog Sebut Covid-19 Belum Selesai Tahun Ini

"Sampai pukul 18.00 WIB hanya yang datang tidak lebih dari 409 pengunjung. PTKM sangat berpengaruh, banyak rombongan yang sebelumnya order jadi dicancel, paling banyak dari wilayah Jawa Timuran," katanya, Selasa (12/1/2021).

Plt Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suci Iriani Sinuraya mengakui jika penerapan PTKM berdampak signifikan pada kunjungan wisatawan di objek wisata yang dipantau. "Destinasi pariwisata rata-rata hanya dikunjungi oleh seperlima sampai seperempat dari jumlah tamu pada hari-hari sebelumnya," katanya.

Selain Tebing Breksi, penurunan kunjungan wisatawan juga terjadi di Studio Alam Gamplong hanya dikunjungi oleh 182 pengunjung. Padahal jumlah kunjungan wisatawan sebelum PTKM rata-rata 500 orang. Demikian juga dengan Watu Purbo yang sebelumnya dikunjungi rata-rata 400an pengunjung pada hari kedua PTKM hanya dikunjungi oleh tidak lebih dari 50 wisatawan.

"Untuk destinasi wisata alam lain seperti Kaliurang juga sepi dengan jumlah pengunjung tidak lebih dari 175 pengunjung," katanya.

Untuk Museum Gunung Merapi selama masa PTKM merubah pelayanan kunjungan. Museum ini hanya melayani kunjungan Selasa-Jum’at dan tutup operasional pada Sabtu, Minggu, dan Senin. "Beberapa destinasi lainnya di Sleman seperti Candi Ijo, Candi Sambisari, dan Taman Pelangi Monjali selama penerapan PTKM juga memilih tutup atau tidak beroperasi," katanya.