Advertisement

Pembatasan Diterapkan, Kunjungan Wisata ke Sleman Anjlok

Abdul Hamied Razak
Selasa, 12 Januari 2021 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Pembatasan Diterapkan, Kunjungan Wisata ke Sleman Anjlok Ratusan pengunjung memadati kawasan Tebing Breksi, Minggu (30/12/2018) - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Penerapan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) berdampak pada turunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Sleman hingga 75%. Sejumlah destinasi memilih untuk tutup selama masa PTKM.

Pengelola Obyek Wisata Tebing Breksi, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Kholiq Widianto mengatakan pada hari kedua penerapan PTKM, jumlah kunjungan wisatawan menurun drastis. Jika sebelumnya Tebing Breksi rata-rata dikunjungi 600 orang sejak awal Januari ini, kunjungan wisatawan pada Selasa (12/1/2021) kemarin hanya 409 orang. Meski begitu, pengelola tidak mengambil kebijakan untuk mengurangi petugas. Pengelola hanya mengurangi jam kerja karyawan saja.

Advertisement

BACA JUGA: Masih Panjang, Epidemiolog Sebut Covid-19 Belum Selesai Tahun Ini

"Sampai pukul 18.00 WIB hanya yang datang tidak lebih dari 409 pengunjung. PTKM sangat berpengaruh, banyak rombongan yang sebelumnya order jadi dicancel, paling banyak dari wilayah Jawa Timuran," katanya, Selasa (12/1/2021).

Plt Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suci Iriani Sinuraya mengakui jika penerapan PTKM berdampak signifikan pada kunjungan wisatawan di objek wisata yang dipantau. "Destinasi pariwisata rata-rata hanya dikunjungi oleh seperlima sampai seperempat dari jumlah tamu pada hari-hari sebelumnya," katanya.

Selain Tebing Breksi, penurunan kunjungan wisatawan juga terjadi di Studio Alam Gamplong hanya dikunjungi oleh 182 pengunjung. Padahal jumlah kunjungan wisatawan sebelum PTKM rata-rata 500 orang. Demikian juga dengan Watu Purbo yang sebelumnya dikunjungi rata-rata 400an pengunjung pada hari kedua PTKM hanya dikunjungi oleh tidak lebih dari 50 wisatawan.

"Untuk destinasi wisata alam lain seperti Kaliurang juga sepi dengan jumlah pengunjung tidak lebih dari 175 pengunjung," katanya.

Untuk Museum Gunung Merapi selama masa PTKM merubah pelayanan kunjungan. Museum ini hanya melayani kunjungan Selasa-Jum’at dan tutup operasional pada Sabtu, Minggu, dan Senin. "Beberapa destinasi lainnya di Sleman seperti Candi Ijo, Candi Sambisari, dan Taman Pelangi Monjali selama penerapan PTKM juga memilih tutup atau tidak beroperasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement