Pemberian Vaksin Covid-19 di Kulonprogo Mundur

Ilustrasi. - Reuters
14 Januari 2021 06:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Kesehatan Kulonprogo masih menunggu arahan dari Pemda DIY terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo.

Sebelumnya jadwal vaksinasi di Bumi Binangun direncanakan setelah provinsi, yaitu pada Kamis (14/1/2021). Namun belakangan mundur dan sampai hari ini belum diketahui kapan vaksinasi itu dilakukan. 

"Kami masih menunggu arahan dari Dinas Kesehatan DIY terkait pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo kapan akan dilakukan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, Rabu (13/1/2021).

BACA JUGA : Kota Jogja dan Sleman Peroleh Gelontoran Vaksin Pertama

Meski belum ada kepastian, Dinkes Kulonprogo memastikan kesiapannya dalam pelaksanaan vaksinasi. Dimulai dengan pendataan calon penerima vaksinasi tahap pertama yang menyasar tenaga kesehatan. Data sementara ada 3.233 nakes di kabupaten ini diprioritaskan mendapat vaksinasi awal.

Selain nakes, vaksinasi tahap pertama juga menyasar sejumlah tokoh di Kulonprogo, antara lain anggota forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) meliputi kepada daerah, ketua DPRD, Dandim dan Kapolres. Di samping itu juga menyasar publik figur setempat. Hanya saja dinkes belum memberikan rincian siapa saja sosok penerima vaksin pertama itu.

BACA JUGA : Ini 10 Tokoh Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Sleman

Dinkes Kulonprogo juga sudah menetapkan 24 tempat pelayanan kesehatan yang akan vaksinasi tahap pertama, terdiri dari 21 puskesmas, dua rumah sakit pemerintah dan satu klinik bhayangkara milik polri. Sedangkan RS atau klinik yang lain masih dilakukan assessment apakah pada tahap berikutnya bisa dilibatkan didalam pelayanan vaksinasi ini.