YIA Akan Dilengkapi Pasar Rakyat

Bupati Kulonprogo, Sutedjo bersama PTS General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi, melakukan penandatanganan MoU terkait pengembangan ekonomi, pariwisata, budaya dan teknologi informasi seiring beroperasinya bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Ruang Sermo, Pemkab Kulonprogo, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
21 Januari 2021 13:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pemkab Kulonprogo melakukan MoU dengan PT. Angkasa Pura 1 terkait pengembangan ekonomi, pariwisata, budaya dan teknologi informasi seiring beroperasinya bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Salah satu bentuk kerja sama itu adalah rencana menghadirkan pasar rakyat di kompleks bandara.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengatakan kehadiran pasar rakyat di YIA bertujuan untuk memberi peluang kepada masyarakat Kulonprogo khususnya pelaku UMKM agar bisa mendapatkan akses melakukan aktivitas ekonomi di kawasan bandara. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA : 82 UMKM Bantul Tempati Gerai di YIA

"Kita ingin mendayagunakan bandara ini dengan semaksimal mungkin agar bisa membawa dampak positif terhadap masyarakat Kulonprogo," kata Sutedjo sesuai penandatanganan MoU dengan PT. AP 1, di Ruang Sermo, Pemkab Kulonprogo, Kamis (21/1/2021)

Pasar rakyat itu akan didirikan di atas underpass YIA. Tepatnya di antara gedung parkir dan terminal bandara. Di sana terdapat lahan kosong yang belum dimanfaatkan. Lokasi itu tidak masuk kawasan steril bandara sehingga memungkinkan masyarakat berkunjung ke sana sewaktu-waktu. 

"Publik bisa belanja di sana sambil berwisata melihat pesawat lepas landas," ujar Sutedjo.

Sutedjo mengatakan selain meningkatkan ekonomi masyarakat, hadirnya pasar rakyat diyakini dapat memberikan dampak positif bagi pemkab. Ihwal khusus soal pemasukan PAD Kulonprogo.

BACA JUGA : Songsong YIA, UMKM Terus Didorong

"Masuk ke bandara itu kan memang tidak bayar, tapi keluarnya baru bayar buat parkir dan pemda itu dapat bagian pajak parkir, jadi bisa buat pemasukan PAD," ucapnya.

PTS General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi mengatakan pembangunan pasar rakyat di YIA masih dalam tahap pembahasan antara pihaknya dengan OPD terkait di Kulonprogo. Hingga saat ini belum diketahui produk-produk apa yang bakal dijual di sana, tetapi besar kemungkinan adalah kuliner, kerajinan dan produk lokal lainnya yang ada di kabupaten ini.

Taochid berharap pembahasan tersebut bisa rampung dengan cepat sehingga pembangunan pasar rakyat dapat segera terealisasi. Harapan itu bukan tanpa alasan. Menurutnya dengan hadirnya pasar rakyat dapat menjadi media promosi YIA agar bisa lebih dikenal masyarakat luas.

BACA JUGA : Bantul Target 100 UMKM Bisa Masuk YIA

"Kami sangat mendukung kehadiran terkait pasar rakyat di atas underpass YIA, sehingga diharapkan dalam waktu dekat bisa segera dilaksanakan," kata Taochid.