7 Anggota LOD DIY Dikukuhkan, Ini Pesan Sultan...

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Selasa (3/11/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
23 Januari 2021 08:07 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY diharapkan memiliki langkah-langkah yang bersifat persuasif namun memiliki landasan prinsip yang kokoh. Pesan ini disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam Pengukuhan tujuh anggota LOD DIY periode 2021-2024 di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kamis (22/1/2021).

Sri Sultan menuturkan LOD DIY diharapkan dapat menjalankan visinya dengan baik dan mampu mengaktualisaiskan diri sebagai lembaga terpercaya yang dibutuhkan masyarakat. “LOD bukanlah lembaga pemberi sanksi melainkan berfungsi sekedar pemberi pengaruh,” ujarnya.

LOD DIY bertugas melakukan klarifikasi atas kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dilakukan sebuah institusi, untuk membuat rekomendasi kepada institusi terkait di atasnya. Meski tidak memiliki instrumen pemaksa, pengaruh LOD DIY tetap sangat kuat, karena Ombudsman benar-benar dapat dipercaya akan integritas, kredibilitas, dan kapabilitasnya.

Baca juga: Klithih Muncul Lagi! Tak Kenal Sasarannya, Geng Remaja Bacok Warga di Jalan Gambiran

“Namun, karena rekomendasi yang dikeluarkan akan berdampak terhadap karir pejabat publik atau lembaga privat, maka kerja LOD sendiri hendaknya dilakukan secara cermat. Guna memperoleh kepercayaan publik, langkah-langkah LOD sebaiknya bersifat persuasif dan low profile, tetapi memiliki landasan prinsip yang kokoh,” katanya.

Ia menjelaskan low profile diperlukan karena sebagai anggota yang baru jelas perlu belajar dari pengalaman. Low profile adalah performa dan sikap yang simpatik. LOD juga perlu membuktikan kehadirannya memang bermanfaat karena didukung oleh orang-orang yang profesional, mengerti hukum, dan memiliki integritas.

“Setiap anggota harus membangun kinerja dengan pakta integritas dan etika, menjaga kekompakan internal, serta tetap menjaga netralitas dan objektivitas, tidak memihak kepada pengadu dan teradu. Sikap yang memiliki integritas menjadi modal utama agar terbangun trust dari masyarakat,” katanya.

Ketujuh anggota LOD DIY yang terpilih ialah harus benar-benar bisa mengawal pelayanan publik, khususnya aduan yang berdampak luas untuk cepat ditangani, sehingga mampu menjadi mitra kredibel dan terpercaya dalam membangun pelayanan publik yang prima di setiap institusi di DIY.

Baca juga: Congkel Pintu, Warga Gunungkidul Bawa Kabur Ampli Musala di Kulonprogo

Koordinator Pelaksana harian Tim Seleksi Anggota LOD DIY, Achiel Suyanto, berharap kinerja anggota LOD yang sudah dipercaya masyarakat melalui uji publik benar-benar konsisten. “Sesuai yang dia janjikan akan aktif, full. Selain sebagai pengabdian jangan dianggap sambilan, meski ada yang jadi dosen, tapi tetap punya tanggung jawab,” ujarnya.

Setelah pengukuhan ini kata dia, akan ada penyegaran, dimana para anggota akan dijabarkan masalah teknis tugasnya masing-masing. “Sudah sepakat dengan tim seleksi mungkin dalam waktu dekat, karena yang dari anggota lama hanya dua orang, yang lima orang baru semua,” kata dia.